Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Bayi Tanpa Dinding Perut Dirujuk ke Rumah Sakit di Ambon

Kompas.com - 17/09/2014, 19:12 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pihak Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, memastikan akan segera merujuk Yusuf Tewernussa, bayi berusia dua hari yang menderita penyakit Omfalokel atau lahir tanpa dinding perut ke rumah sakit dr Haulussy Ambon.

Bayi malang itu terpaksa dirujuk lagi ke Ambon karena minimnya tenaga ahli dan pasilitas medis yang ada di RSUD Masohi untuk menangani kelainan bawaan yang ada pada sang bayi.

“Besok bayi Yusuf akan dirujuk ke Ambon untuk menjalani perawatan medis. Dia akan dirujuk ke RSUD dr Haulussy Ambon karena menurut kita disitu ada dokter ahlinya,” ungkap Direktrur RSUD Masohi, Ursula Trijastuti, saat dihubungi, Rabu (17/9/2014).

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menangani Yusuf namun karena dibutuhkan penanganan khusus maka bayi malang itu harus dapat dirujuk ke rumah sakit yang memadai.

“Selama berada di RSUD Masohi, dokter disini juga menangani bayi ini tapi memang dia harus dirujuk karena alasan tadi,” ujarnya.

Menurut dia, penanganan kelainan yang diderita Yusuf akan dilakukan dengan cara operasi namun biasanya itu akan dilakukan setelah sang bayi berusia 3 bulan.

”Itu waktu untuk memulihkan kondisi bayi jadi selama tiga bulan baru bisa dilakukan operasi,” ungkapnya.

Sebelum dirujuk ke RSUD Masohi, Yusuf bersama ibunya sempat dirawat di Puskesmas Layeni, Kecamatan Waipia Kabupaten Maluku Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com