Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ikuti Pengobatan Massal di Candi Borobudur

Kompas.com - 11/05/2014, 15:41 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Warga di sekitar Candi Borobudur mengaku merasakan manfaat dari kegiatan amal pengobatan massal di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (11/5/2014).

Napsiah (70) mengaku senang dapat mendapatkan pengobatan gratis yang dimotori Perwakilan Umat Buddha Indonesia (walubi). Selama ini, warga Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, itu harus mengeluarkan biaya untuk berobat ke dokter dekat rumahnya.

Alhamdulillah, saya bisa diperiksa oleh dokter gratis. Karena saya sudah tua, tidak bisa bekeja lagi, jadi tidak punya penghasilan untuk berobat. Saya sering sakit kepala, tensi tinggi, kadang-kadang –jari-jari tangan sakit tidak bisa ditekuk,” tutur Napsiah usai pemeriksaan.

Hal senada dirasakan Maryati (35), warga Kecamatan Tempuran. Ia sudah tiga kali mengikuti pengobatan massal yang digelar setiap tahun menjelang hari raya Waisak. Maryati memuji layanan yang berikan panitia dan dokter.

“Saya sudah tiga kali ikut. Senang karena pelayanan ramah. Dokternya baik-baik. Ruangan (tenda) untuk pemeriksaan juga dingin karena ada AC-nya,” ujar Maryati yang memeriksakan giginya.

Kegiatan sosial ini dikatakan melibatkan 412 orang tenaga media yang meliputi 169 dokter umum dan dokter spesialis, serta 243 orang tenaga paramedis. Panitia menargetkan 8.000 – 10.000 warga turut mengikuti acara pengobatan massal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com