Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Hendy Siagian Ditangkap di Bekasi

Kompas.com - 06/12/2013, 08:00 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Dokter Hendy Siagian, buron Kejaksaan Agung dalam kasus malapraktik, ditangkap pada Kamis (5/12/2013) petang. Dia ditangkap di Bekasi, Jawa Barat.

Hendy dibawa ke Manado, Sulawesi Utara, menumpang pesawat dan tiba pada Jumat (6/12/2013) dini hari. Hendy adalah asisten dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani yang melakukan operasi caesar terhadap Fransiska Makatey di Rumah Sakit Prof Kandou Manado pada 2010.

Hendy menjadi asisten bersama dokter Hendry Simanjuntak. Setelah operasi, Fransiska meninggal karena emboli paru. Ketiga dokter kemudian diperkarakan oleh keluarga Fransiska. Mendapat vonis bebas murni di PN Manado dan dinyatakan tak melanggar kode etik kedokteran, ketiga dokter dinyatakan bersalah dalam putusan kasasi di Mahkamah Agung.

Ketiga dokter mendapatkan vonis penjara 10 bulan berdasarkan putusan kasasi itu. Dokter Ayu dan Hendry sudah ditangkap lebih dulu oleh Kajagung. Kini ketiga dokter tersebut menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng Manado.

Tiga dokter itu sempat masuk daftar pencarian orang per September 2013, setelah upaya eksekusi putusan kasasi gagal pada November 2012. Penangkapan dokter Ayu dan Hendry telah memicu reaksi keras dari para dokter di seluruh Indonesia. Aksi solidaritas dokter pun digelar serentak, Rabu (27/11/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com