Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Naik, Tol Waru-Perak Dipasang 427 Lampu LED

Kompas.com - 09/10/2013, 13:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Cabang Surabaya Gempol akan menambah penerangan jalan di ruas jalan tol Waru-Tanjung Perak dengan memasang 427 buah lampu. Ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan menyusul naiknya tarif tol sejak 11 Oktober nanti.

Pemasangan lampu itu saat ini tengah berlangsung, dan ditarget akhir Oktober nanti selesai. Tipe lampu yang dipasang adalah Light Emitting Diode (LED) 125 watt, lebih hemat dari jenis sebelumnya yakni Son-T 250 watt.

''Ini untuk mendukung program pemerintah tentang hemat energi,'' kata Agus Purnomo, General Manager PT Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/10/2013).

Selama ini kata dia, banyak pengguna jalan yang mengeluhkan minimnya penerangan di ruas tol sepanjang 17 kilometer itu. ''Mulai bulan depan saya pastikan sudah terang benderang, dan semoga dapat meminimalisir potensi kecelakaan dan kejahatan di jalan tol,'' tambahnya.

Tidak hanya penerangan jalan, pihaknya juga menambah 16 gardu tol di gerbang tol Dupak yang selama ini terkenal dengan antrean panjangnya. Namun untuk melancarkan arus pembayaran, Gerbang tol Dupak 4 terpaksa dibongkar.

''Pengguna dari arah Gresik bayarnya di gardu Dupak 3 bercampur pengguna yang datang dari arah Pasar Turi,'' terang Agus.

Selain itu, sebanyak 900 pohon jenis mahoni, trembesi, dan bintoro juga akan ditanam di sepanjang jalan tol untuk mengurangi gas emisi kendaraan, serta pemasangan pagar beton untuk keamanan jalur dari station 00.550 hingga station 14.500 Jalur A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com