Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Ekspres Bahari Terbakar, 4 Penumpang Tewas, 13 Hilang

Kompas.com - 23/08/2013, 14:25 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapal Ekspres Bahari 8C yang bertolak dari Pelabuhan Pangkalanbalam, Bangka, menuju Tanjung Pandan, Belitung, terbakar di perairan Selat Nasik, Kamis (22/8/2013) petang. Kapal yang mengangkut 197 penumpang itu terbakar lima mil dari Pelabuhan Pangkalanbalam.

Dalam peristiwa tersebut, empat penumpang meninggal dunia dan 13 orang lainnya hilang. Sementara itu, 180 penumpang bisa dievakuasi oleh tim gabungan dari Ditpolair Polda Bangka Belitung, Satpol Air Polres Belitung, Tagana, Lanal TNI AL, dan nelayan.

Kepala Bagian Analisis dan Evaluasi Humas Polri Kombes Pol Rusli Hedyaman mengatakan, dari 197 orang yang berada di dalam kapal tersebut, hanya 189 penumpang yang tercatat di dalam manifes perjalanan kapal. Perinciannya, 176 penumpang, 13 orang kru dan anak buah kapal.

"Sebanyak delapan orang penumpang tidak terdaftar di dalam manifes," kata Rusli di Markas Besar Polri, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

"Upaya pencarian masih terhadap korban hilang masih terus dilakukan sampai saat ini oleh tim gabungan dengan menyisir di sekitar lokasi," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, aparat masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Berikut data nama korban tewas dan hilang.
Korban meninggal dunia
1. Fani (2 tahun)
2. Zubir (73 tahun)
3. Huzaida (49 tahun)
4. Ipah Nurhasanah (37 tahun)

Korban hilang
1. Yadi
2. Hadis
3. Haposan
4. Chandra
5. Gunawan
6. Sahidi
7. Firman
8. Mulyati
9. Janu
10. Rindi
11. Mirza
12. Lia Anggraini
13. Suhada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com