Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Penurunan Kesadaran, 3 Calon Haji Embarkasi Solo Dirawat di RS Amri Tambunan Deli Serdang

Kompas.com - 27/05/2024, 15:46 WIB
Labib Zamani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak tiga calon haji Embarkasi Solo, Jawa Tengah, dirawat di RSUD Drs H Amri Tambunan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara karena sakit.

Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi mengatakan, calon haji yang dirawat di RS Deli Serdang yang pertama Robiah S, kloter 39 Kabupaten Batang.

Kondisi kesehatan Robiah sudah membaik setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Rencana sore ini tim kesehatan PPIH Embarkasi Solo akan menjemput Robiah ke Deli Serdang.

Baca juga: Ditipu Sales Travel Rp 516 Juta, Pasutri di Kalsel Gagal Berangkat Haji

"Kondisinya saat ini membaik dan kami dari PPIH rencana sore ini dari tim kesehatan dan tim dokumen akan mejemput Ibu Robiah untuk dibawa ke embarkasi untuk dipersiapkan pemberangkatan di kloter selanjutnya ke Tanah Suci," kata Gentur di Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Senin (27/5/2024).

Robiah menjalani perawaran di RSUD Drs H Amri Tambunan Deli Serdang sejak 24 Mei 2024. Robiah mengalami penurunan kesadaran.

Calon haji kedua yang dirawat di RSUD Drs H Amri Tambunan adalah Osi Sugino (70), kloter 48 Sleman. Sugino diterbangkan menuju Tanah Suci pada Minggu (26/5/2025).

Selama di pesawat, Sugino mengalami penurunan kesadaran dan sesak sehingga diturunkan di Bandara Udara Internasional Kualanamu. Sugino dirujuk ke RSUD Drs H Amri Tambunan Deli Serdang.

"Beliau didampingi istrinya Tuginem dan saat ini menjalani perawatan di sana. Kalau kondisi kesehatannya baik bisa dijemput hari ini," jelas dia.

Kemudian calon haji ketiga yang dirawat di RSUD Drs H Amri Tambunan merupakan pendamping calon jemaah haji.

Gentur menambahkan, guna mengantisipasi adanya calon haji sakit sebelum diterbangkan ke Tanah Suci dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Jadi setiap jemaah haji masuk ke Embarkasi dilakukan pemeriksaan tahap tiga di poli Embarkasi dan pada saat sudah layak terbang tentu ada parameter yang dilakukan para dokter. Pada saat lolos ya sudah beliau (calon haji) akan mendapat pelayanan menerima paspor, living cost, APD, gelang dan diarahkan petugas ke kamar yang sudah disediakan untuk persiapan pemberangkatan selanjutnya," ungkap Gentur.

Baca juga: Baru Tahu Hamil 6 Minggu, Jemaah Haji Asal Bondowoso Batal Berangkat

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Solo hingga saat ini calon jemaah haji yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan sebanyak 56 kloter dengan jumlah 20.177 orang.

Jemaah haji yang sudah diterbangkan menuju tanah suci sebanyak 53 kloter dengan jumlah 19.173 orang.

Kemudian calon emaah haji yang sudah berada di tanah suci sebanyak 50 kloter dengan jumlah 17.993 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com