Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Keluarga di Kebumen Keracunan Ati Ampela, 3 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 09/02/2023, 11:15 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Satu keluarga di Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dilaporkan mengalami keracunan makanan, Rabu (8/2/2023).

Akibatnya, tiga dari empat anggota keluarga harus dirujuk dari Puskesmas Alian ke RSUD Dr Soedirman Kebumen karena kondisinya sempat memburuk.

Kapolsek Alian Iptu Awaludin Solih menjelaskan, peristiwa itu bermula saat Sutinah (46) membeli ati ampela kepada pedagang sayur keliling yang melintas di sekitar rumahnya pada Selasa (7/2/2023) pagi.

Baca juga: Jembatan Serayu Diserbu Kawanan Serangga, Pemotor di Banyumas Berjatuhan

Selanjutnya, ati ampela disimpan di dalam kulkas namun sekitar pukul 18.00 WIB mati listrik hingga puku 23.00 WIB. Kemudian pada Rabu pagi ati ampela tersebut dimasak untuk sarapan keluarganya.

"Sebelum dimasak, keterangan korban, ati sudah dicuci bersih. Saat sudah matang, anggota keluarga memakannya. Kurang lebih tiga jam kemudian muncul reaksi, seperti pusing, mual," kata Awaludin kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

Karena kondisinya semakin memburuk, para korban dibawa ke Puskesmas Alian. Saat itu kondisinya Sutinah membaik, namun tiga korban lainnya masih belum ada kemajuan sehingga dirujuk ke RSUD Dr Soedirman.

Ketiga korban yang dibawa ke rumah sakit yaitu Meri Kristanti (29), Riki Nugroho (25) dan Nurul Amalia (25).

"Para korban hingga tadi malam kondisi di RSUD mulai membaik. Para korban sudah berada di kamar bangsal," ujar Awaludin.

Untuk menghindari kejadian serupa, Awaludin mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati saat akan mengkonsumsi makanan. Warga juga harus mengetahui ciri-ciri makanan yang layak konsumsi.

Sementara itu, Kasubsi Penmas Polres Kebumen Aiptu S Catur Nugraha mengatakan, polisi telah mengamankan sisa makanan untuk dipemeriksa lebih jauh di Laboratorium Dinas Kesehatan Kebumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com