Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Anggota Komisi V DPR Sebut Long Storage Kalimati Berpotensi Tumbuhkan Ekonomi di Sidoarjo

Kompas.com - 22/02/2022, 14:54 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sigit Sosiantomo mengatakan, adanya Long Storage di Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) berpotensi menumbuhkan perekonomian baru di Sidoarjo.

“Sejak dibangun pada 2017 lalu, saya sudah melihat adanya pertumbuhan ekonomi sekaligus mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kabupaten Sidoarjo,” tutur Sigit, dikutip dari dpr.go.id, Selasa (22/2/2022).

Dia melanjutkan, keberadaan Long Storage Kalimati sangat berguna untuk menunjang kebutuhan air baku bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto.

“Ini merupakan peluang besar bagi daerah. Jadi program-program seperti yang diinisiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), seperti sumber daya air, ternyata berdampak signifikan dan langsung. Kita tinggal diskusikan aturan-aturan seperti apa yang dibuat nanti,” jelasnya.

Baca juga: Kunjungan Kerja ke Maluku Utara, Komisi VIII DPR Saring Aspirasi Masyarakat

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit saat Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi V DPR menyambangi Long Storage Kalimati, Sidoarjo, Senin (21/2/2022).

Kunker Komisi V DPR itu disambut baik oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko.

Dalam kunjungan itu, Sigit tidak lupa mengapresiasi Long Storage Kalimati sebagai wadah dan sarana baru yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurutnya, Long Storage Kalimati merupakan proyek yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat karena memiliki manfaat, peluang, dan potensi yang besar.

“(Manfaat Long Storage Kalimati) sebagai wadah penyediaan air baku, di antaranya bisa untuk olahraga, wisata, dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Komisi V DPR Kunjungi Proyek Pembangunan Bandara Kediri, Pastikan Pembangunan Berjalan Sesuai Undang-undang

Lebih lanjut, Sigit berharap bahwa proyek Long Storage Kalimati tersebut bisa semakin baik ke depannya.

“Saya sekali lagi terima kasih, baik kepada Pak Dirjen maupun Pak Bupati, karena telah bekerjasama membersihkan dan merawat lahan ini. Saya kira kalau kabupaten kolaborasi dengan kementerian hasilnya ini bagus sekali,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com