Bandara Tebelian Sintang yang Akan Diresmikan Jokowi, Dibangun 2011 dan Telan Biaya Rp 580 Miliar

Kompas.com - 07/12/2021, 20:43 WIB
Suasana Bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat pada Selasa (7/12/2021). Dok. KemenhubSuasana Bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat pada Selasa (7/12/2021).

SINTANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (8/12/2021).

Satu di antara kegiatan Presiden adalah meresmikan Bandar Udara Tebelian di Kabupaten Sintang.

“Hari ini saya ke Bandara Tebelian untuk mengecek kondisi fasilitas sisi darat dan sisi udara bandara, yang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (8/12),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/202).

Budi mengatakan, Bandara Tebelian di Sintang dibangun sejak tahun 2011 dan terus dilakukan pengembangannya hingga tahun 2020.

Baca juga: Duduk Perkara Bentrok Mahasiswa Bone dan Luwu yang Berujung Penangkapan 9 Orang

Bandara ini dibangun dan dikembangkan dengan total biaya sekitar Rp 580 miliar.

Bandara ini dibangun untuk menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Susilo, yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena berada di pusat kota dan dikelilingi pemukiman.

"Kehadiran bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi udara di Kabupaten Sintang dan sekitarnya," terang Budi.

Sebagai informasi, pengembangan Bandara Tebelian dilakukan di atas lahan sekitar 153,6 hektare, yang telah dihibahkan oleh Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Bandara Tebelian saat ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi yang mampu melayani 75.000 penumpang per tahun.

Panjang runway 1.820 meter x 30 meter yang mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600.

Taxiway bandara 160 meter x 18 meter dan apron 220 meter x 60 meter, yang mampu menampung 4 pesawat ATR-72.

Diberitakan, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terkait penanganan pasca-banjir di sejumlah wilayah di Kalbar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.