Gempa M 6,0 Guncang Maluku Tengah, Berpusat di Laut Banda

Kompas.com - 04/04/2021, 08:27 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

AMBON,KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (4/4/2021) pukul 03.42 WIT.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa berpusat di laut Banda dengan lokasi 5,16 Lintang Selatan dan 128,19 Bujur Timur  atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 162 km arah Selatan Kota Ambon, pada kedalaman 349 km. 

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,5 Guncang Kepulauan Talaud akibat Aktivitas Subduksi Sangihe

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca juga: Gempa M 5,5 Guncang Kepulauan Talaud Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tak terasa

Camat Banda, Abdul Kadir mengatakan, dia tidak merasakan gempa yang berpusat di Laut Banda itu.

"Kami di sini tidak merasakan ada gempa semalam, tidak rasa apa-apa," kata Abdul saat dihubungi.

Abdul juga menyebut tidak ada kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

Senada dengan Abdul, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah Latif Key yang dikonfirmasi secara terpisah mengakui gempa itu tak menimbulkan kerusakan.

"Ini kebetulan saya ada di Banda dan gempa tadi subuh itu tak berdampak apapun. Di sini aman tak ada yang rusak," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X