Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek di Banyumas, Tak Ada Sembahyang Massal dan Perayaan Cap Go Meh

Kompas.com - 05/02/2021, 11:34 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Peringatan Tahun Baru Imlek 2572 di Klenteng Boen Tek Bio Banyumas, Jawa Tengah, tahun ini akan berlangsung sederhana.

Humas Klenteng Boen Tek Bio Sobita Nanda mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini akan meniadakan kegiatan sembahyang massal untuk menghindari kerumunan.

"Dalam situasi keprihatinan, kita harus menyadari dan mawas diri, sehingga peringatan Tahun Baru Imlek di sini sangat sederhana," kata Sobita saat ditemui di kompleks klenteng, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil: Imlek Libur, tetapi Tidak Boleh Jalan-jalan

Sobita mengatakan, rangkaian sembahyang dan prosesi dalam rangka memperingati Tahun Baru Imlek hanya akan dilakukan oleh para pengurus klenteng.

"Dalam kondisi normal sehari sebelum Imlek, umat dan simpatisan biasanya menyalakan lilin pengharapan, (tahun ini) kebanyakan diwakilkan kepada pengurus, sehingga umat atau simpatisan tidak datang ke sini," ujar Sobita.

Prosesi sembahyang, kata Sobita, juga akan dilakukan secara bergantian dengan jumlah masing-masing sebanyak 10 orang.

"Kita sudah mengimbau melalui media sosial, tidak ada sembhayang massal. Kalau pribadi silakan, tapi gantian maksimal 10 orang. Kita tidak mau tempat ini menjadi klaster atau pemicu penyebaran Covid-19," kata Sobita.

Baca juga: Perayaan Imlek Ditiadakan, Perajin untuk Persembahan Tetap Berkarya

Sobita mengatakan, tahun ini juga meniadakan perayaan Cap Go Meh.

"Hanya sembahyang sebagai bentuk syukur atas datangnya tahun baru, sudah dikasih keselamatan, rezeki dan kehidupan yang baik," ujar Sobita.

Sobita berharap, di tahun kerbau emas ini pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

"Dengan seiring penanganan pandemi dengan vaksinasi dan protokol kesehatan yang semakin ketat, semoga bisa segera dikendalikan dan kehidupan semakin baik, kata Sobita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com