Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Belasan Kecamatan di Kabupaten Lebak, Ribuan Rumah Terendam, 3 Orang Hanyut

Kompas.com - 06/12/2020, 17:48 WIB
Acep Nazmudin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak sejak Sabtu (5/12/2020) malam menyebabkan banjir di sejumlah tempat.

Baca juga: Banjir di Aceh Utara Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, banjir dan longsor terjadi di 14 kecamatan, di mana ribuan rumah terdampak.

Kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Wanasalam, Cijaku, Cigemblong, Malingping, Cirinten, Bojongmanik, Leuwidamar, Gunung Kencana, Banjarsari, Cileles, dan Cimarga.

Baca juga: Tim SAR Temukan Jasad Balita Korban Banjir di Perumahan De Flamboyan Medan

Sementara longsor terjadi di empat kecamatan yakni Muncang, Lebakgedong, Cipanas dan Cirinten.

"Dampak banjir paling parah di Kecamatan Banjarsari dengan 419 rumah terendam, kemudian di Leuwidamar 373 rumah, dan Wanasalam 153 rumah," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizki saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (6/12/2020).

Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak sejak Sabtu (6/12/2020) malam menyebabkan banjir di sejumlah tempat.Dok. BPBD Lebak Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak sejak Sabtu (6/12/2020) malam menyebabkan banjir di sejumlah tempat.

Banjir dipicu oleh sejumlah sungai yang meluap akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Sabtu malam.

Data hingga Minggu sore, ada 13 rumah rusak berat akibat banjir, tiga rumah rusak sedang, dan 11 rumah rusak ringan. Sementara dampak longsor merusak 27 rumah.

Banjir dan longsor juga menyebabkan sejumlah jalan poros desa amblas dan satu sekolah tertimbun.

Febby mengatakan, dari laporan terdapat tiga orang hanyut akibat banjir, di mana dua di antaranya berhasil diselamatkan, sementara satu orang masih dalam pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com