Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDP yang Meninggal Belum Sempat Didalami, ODR Terus Bertambah

Kompas.com - 22/03/2020, 16:21 WIB
Ahmad Faisol,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Penyebaran Covid-2019 di Kabupaten Proboinggo, Jawa Timur, terus meningkat.

Sedikitnya sudah ada tiga pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, salah satunya meninggal dunia.

Jumlah orang dengan risiko (ODR) juga bertambah dari sebelumnya 164 orang, kini menjadi 216 orang.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) juga bertambah, dari yang awalnya 9 menjadi 20 orang.

Baca juga: Probolinggo Belum Terpapar Corona, Ini 6 Langkah Antisipasi agar Terhindar Covid-19

Jubir Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Anang Budi Yoelijanto menjelaskan, satu PDP yang meninggal itu merupakan seorang pria asal Kecamatan Kraksaan berusia 30 hingga 40 tahun.

“Pasien yang meninggal ini bekerja di episentrum penyebaran virus corona, yakni Surabaya. Dia mengeluh sesak nafas saat diperiksa di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Meninggalnya Sabtu (21/3/2020) kemarin, dan sudah dimakamkan. Pria ini belum sempat didalami karena keburu meninggal,” kata Anang, Minggu (22/3/2020).

Sementara, dua warga lain yang berstatus PDP, yakni seorang lansia dan balita, saat ini masih menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo dan Malang. Hasil pemeriksaan laboratorium masih dalam antrean.

"Balita yang PDP tinggal di belakang Pasar Dringu. Dia didampingi orangtuanya selama di Malang dan terus kita awasi. Pasar dan tempat umum lainnya disemprot disinfektan sesuai jadwal," tambah Anang.

Anang juga membantah kabar viral di medsos yang menyebut ada WNA meninggal di RS Rizani karena positif corona. Warga negara asing itu disebutkan bekerja di PLTU Paiton, tepatnya di PT YTL Jawa Power.

"Itu hoaks," ujar Anang.

Baca juga: Khofifah Unggah Peta Sebaran Covid-19 di Jatim, 4 Daerah Belum Terjangkit

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah peta sebaran Covid-19 di seluruh daerah di Jawa Timur yang terbaru hingga Kamis (19/3/2020) pukul 18.00 WIB, di instagramnya @khofifah.ip, Jumat (20/3/2020) pagi.

Dalam peta tersebut, Covid-19 hampir tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Hanya 4 daerah yang belum terjangkit, yakni Kabupaten Probolinggo, Nganjuk, Ngawi dan Kabupaten Sumenep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com