Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoaks soal Corona Marak, Ganjar: Cepat Sekali Persebarannya Seperti Virus

Kompas.com - 17/03/2020, 19:16 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menindak tegas, penyebar hoaks di tengah merebaknya virus corona.

"Maka saya mewanti-wanti jangan ada hoaks selama kondisi-kondisi seperti ini. Karena ini persoalan sensitif dan merugikan," kata Ganjar saat konferensi pers, Selasa (17/3/2020).

Ganjar menemukan beberapa gambar yang memelintir atau bahkan mengganti judul berita media online, dari soal liburnya para pekerja sampai dihapuskannya angsuran di bank.

Baca juga: Pastikan Siswa Belajar di Rumah, Ganjar Video Call Siswi SMKN 3 Semarang

"Saya meliburkan sekolah saja kemarin judulnya meliburkan pegawai. Terus ada reschedule perbankan judulnya enggak usah bayar utang. Saya enggak tahu mungkin niatnya bercanda tapi sebaiknya jangan dilakukan, secepat itu (persebarannya) seperti penularan virus," ujarnya.

Bahkan, Ganjar mengatakan, ia juga mendapat pertanyaan langsung dari masyarakat lewat WhatsApp, terkait gambar diliburkannya para pekerja.

Ketika ditanya, Ganjar menyampaikan, tidak serta merta menjawab kebenarannya, namun menanyai balik dari mana gambar itu didapatkan.

Baca juga: Wabah Corona, Ganjar Ajarkan Masyarakat Cuci Tangan Tepungselakipuput

"Saya katakan, boleh enggak Anda melaporkan dari mana awal Anda mendapatkan gambar itu, boleh tidak saya laporkan ke polisi? Dia langsung jawab, wah jangan Pak itu kawan saya. Jangan dilaporkan," katanya.

Untuk itu, Ganjar berharap semua pihak menyampaikan dan mengabarkan persebaran virus corona ini secara bijak, bukan melebih-lebihkan juga bukan dengan cara menutup-nutupi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com