Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Munas yang Dibuka Wapres Diperiksa Suhu Tubuh, Cegah Virus Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 13:13 WIB
Karnia Septia,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Seluruh peserta dalam acara Munas V Adeksi tahun 2020 di Mataram yang dibuka Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, diperiksa suhu tubuh.

Pemeriksaan dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini telah menjangkit 27 orang di wilayah Indonesia.

Pantauan Kompas.com, satu per satu peserta Munas yang akan masuk ke ruangan acara diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan alat thermogun oleh petugas kesehatan.

Baca juga: Buat Prank Virus Corona, 6 Pemuda asal Sumbawa Ditangkap

Selain pemeriksaan suhu tubuh, peserta yang terdiri dari anggota DPRD Kota di seluruh Indonesia juga diminta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan acara Munas.

Suyato, salah peserta Munas dari Banjarmasin mengaku merasa lebih nyaman dengan pemeriksaan tersebut.

"Kalau bisa, kalaupun tidak ada wapres datang, setiap kunjungan ke manapun terutama hotel seharusnya seperti ini," kata Suyato.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Mataram, Didi Mariadi mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan ini merupakan pencegahan penularan virus corona.

Menurut Didi, pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer dilakukan agar para peserta Munas yang hadir nyaman dan tidak khawatir terpapar virus corona.

Baca juga: Hotel di Tasikmalaya Diminta Awasi Tamu Asing Pasca-temuan Suspect Corona

"Dengan adanya cek suhu tubuh dan bahan pencuci tangan itu kami pastikan bahwa di arena Munas ini corona aman," tutup Didi.

Munas V Adeksi tahun 2020 di Mataram dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Munas yang mengangkat tema 'Respons Daerah Menyambut Omnimbus Law' ini dihadiri oleh 1.130 peserta Munas dari 93 DPRD Kota seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com