PHRI Manggarai Barat Dukung Rencana Jokowi soal G20 di Labuan Bajo

Kompas.com - 21/01/2020, 09:27 WIB
Panorama mentari tenggelam di Labuan Bajo, NTT. Hilda B Alexander/Kompas.comPanorama mentari tenggelam di Labuan Bajo, NTT.

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat Silvester Wangge menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana pelaksanaan pertemuan negara-negara G20 di Labuan Bajo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mempersiapkan kawasan Labuan Bajo, untuk sejumlah agenda internasional.

Agenda internasional yang dimaksud antara lain, pertemuan negara-negara G20 serta Asean Summit, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 2023 mendatang.

"Masyarakat Manggarai Barat dan NTT berterima kasih banyak kepada Presiden yang selama dua malam menginap di Labuan Bajo. Selama dua malam, Presiden memberikan peluang-peluang untuk pengembangan pariwisata super premium di Labuan Bajo," kata Wangge kepada Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Jokowi Minta Labuan Bajo Dipersiapkan untuk G20 dan ASEAN Summit

Wangge menjelaskan, peluang yang disampaikan oleh Jokowi harus ditangkap oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla.

Kedua pemimpin daerah harus mulai untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan di bidang pariwisata.

"PHRI minta Pemprov NTT dan Pemkab Manggarai Barat secepatnya membangun balai latihan kerja di Labuan Bajo. PHRI Cabang Manggarai Barat mendukung total pertemuan G20 di Labuan Bajo," kata dia.

Baca juga: Dongkrak Wisata Labuan Bajo, Ini 4 Gebrakan Presiden Jokowi

Wangge mengatakan, di Labuan Bajo baru ada 102 hotel, baik yang berbintang maupun yang kelas melati dengan kapasitas 2.150 kamar.

Kemudian, ada 101 rumah makan.

Sementara, perhitungan untuk pertemuan G20 dibutuhkan sekitar 5.000 kamar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X