Hibahkan Motor Baca untuk 24 Daerah, Ridwan Kamil Ingin Warganya Tak Konsumsi Hoaks

Kompas.com - 10/01/2020, 14:43 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan hibah motor baca secara simbolis diberikan dalam kegiatan Temu Pimpinan Untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020). Humas Provinsi JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan hibah motor baca secara simbolis diberikan dalam kegiatan Temu Pimpinan Untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghibahkan 24 unit motor baca untuk 24 daerah di Jawa Barat.

Ia berharap hadirnya motor baca bisa merangsang minat baca masyarakat.

Penyerahan hibah motor baca secara simbolis diberikan dalam kegiatan Temu Pimpinan Untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020).

"Yang baru adalah motor baca yang akan dihibahkan kepada 24 kota kabupaten. Sehingga ini lebih mobile," ujar Emil, sapaan akrabnya.


"Kalau kita sekarang memaksa masyarakat datang ke perpustakaan skala besar, biasanya dengan masalah mobilitas jarak macet membuat tidak semua bisa melakukan (datang ke perpustakaan)."

"Kita ubah, melayani masyarakat itu dikirim melalui ini (motor baca)." 

Baca juga: Kala Jokowi, Anies, dan Ridwan Kamil Duduk Bersama Mencari “Obat” Banjir Jakarta

Program literasi

Ia menuturkan, banyak program peningkatan literasi masyarakat yang sudah digagas Pemprov Jabar.

Seperti Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dan Maca dina Digital Library (Candil). Motor baca pun diberikan guna mempermudah masyarakat untuk mendapat buku.

Namun, sambung Emil, program peningkatan literasi tak bisa hanya bersifat parsial.

Perlu komitmen dukungan dari pemerintah kota dan kabupaten agar program serupa dapat berjalan maksimal.

"Literasi ini gak bisa sepenuhnya dikontrol oleh pemerintah provinsi, kita hanya mendorong gagasan konsep awal, selanjutnya dilanjutkan oleh kota kabupaten," kata Emil.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X