Lambung Bocor, Kapal Penumpang Antarpulau di Sulsel Tenggelam

Kompas.com - 05/01/2020, 07:24 WIB
Kapal tenggelam. ThinkstockKapal tenggelam.

MAKASSAR, KOMPAS.com – Kapal kayu KM Aras Jaya yang digunakan warga kepulauan di Sulawesi Selatan untuk menyeberang tenggelam saat melakukan pelayaran dari Pelabuhan Paotere, Kota Makassar ke Pulau Marasende, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Ibrahim Tompo yang dikonfirmasi, Sabtu (4/1/2020) malam membenarkan kejadian tersebut.

Menurut dia, tenggelamnya KM Aras Jaya milik Nasrun disebabkan terjadinya kebocoran pada lambung kapal.

“KM Aras Jaya tenggelam di perairan Taka Bakkang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, Jumat (3/1/2020) sekitar pukul 13.30 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, di mana 7 orang penumpang berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan yang kebetulan melintas di perairan tersebut,” katanya.

Baca juga: Kapal Tenggelam Dihantam Ombak, Penumpang Terombang-ambing Seharian

Ibrahim mengungkapkan, KM Aras Jaya juga mengangkut 175 sak semen, 3 kubik bata ringan, 25 lembar spandek serta barang lainnya.

Selain disebabkan adanya kebocoran pada lambung kapal, KM Aras Jaya juga diduga tenggelam akibat kelebihan muatan.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, sambung Ibrahim, aparat kepolisian yang bertugas di sektor kepulauan dan satuan Polair mengimbau nelayan serta pengguna transportasi laut untuk berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dengan memperhatikan kondisi cuaca.

“Polisi juga akan berkoordinasi dengan Dinas perhubungan laut dan syahbandar setempat untuk melakukan update serta imbauan kepada para pengguna transportasi laut terkait kondisi cuaca, serta tidak segan segan melakukan larangan melaut bilamana kondisi cuaca buruk,” katanya. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X