Merokok di Dalam Pesawat Wings Air, Seorang Pria Diamankan

Kompas.com - 18/11/2019, 21:27 WIB
Pesawat Wings Air. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAPesawat Wings Air.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – AN (49), seorang penumpang pesawat Wings Air, dengan tujuan Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menuju Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, diamankan otoritas setempat.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, AN diamankan karena kedapatan merokok di dalam pesawat.

Pesawat Wings Air yang ditumpangi AN, bernomor IW-1394 yang melayani dari Banjarmasin melalui Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN).

Tindakan yang dilakukan oleh pihaknya, lanjut Danang, dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).


Baca juga: Kronologi Pilot Batik Air Pingsan Saat Terbangkan Pesawat

Danang menjelaskan, penumpang laki-laki berinisial AN (49) yang duduk di nomor 5C diketahui melakukan perbuatan yang mengganggu kenyamanan perjalanan dan melanggar aturan penerbangan sipil.

AN merokok di toilet (lavatory) bagian belakang pesawat saat posisi pesawat mengudara (in-flight).

Kemudian, kepala awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bekerja sama dengan pilot menjalankan tindakan secara tepat berdasarkan peraturan perusahaan dan penerbangan sipil.

Kru pesawat sudah menyampaikan larangan untuk tidak merokok di dalam penerbangan kepada penumpang tersebut.

Sesuai SOP, pilot menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/avsec) diminta segera melakukan penanganan setelah pesawat mendarat dengan posisi sempurna.

Selanjutnya, Wings Air penerbangan IW-1394 tiba pukul 07.06 Wita. Awak pesawat, ground handling dan avsec sudah berkoordinasi dengan baik sehingga proses penanganan AN berikut barang bukti berjalan secara tepat.

Wings Air telah menyerahkan AN kepada pihak terkait beserta otoritas bandar udara (otband) guna pemeriksaan dan proses lebih lanjut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X