Ada Gibran, Cucu Soekarno, dan Bule Spanyol di Bursa Pilkada Tahun Depan

Kompas.com - 04/11/2019, 07:16 WIB
Warga membubuhkan tanda tangan dukungan terhadap putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju Pilkada Solo 2020 di Jalan Bhayangkara Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIWarga membubuhkan tanda tangan dukungan terhadap putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju Pilkada Solo 2020 di Jalan Bhayangkara Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).


PILKADA tahun depan akan berlangsung pada September 2020, tak sampai setahun dari sekarang. Bursa calon peserta sudah mulai bermunculan.

Ada Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Namanya santer akan diduetkan dengan GPH Paundrakarna, cucui Soekarno. 

Di Sumatera, ada bule asli Spanyol menyatakan diri maju dalam Pilkada Samosir.

Memang masih bursa, perlu ada penjaringan resmi. Jalurnya bisa perseorangan atau partai. Apa pun pilihan jalurnya, keduanya merupakan jalan terjal, cadas, dan berliku.

Sebelum kita bahas soal jalannya, saya ingin informasikan sejumlah nama yang masuk dalam bursa Pilkada kali ini.

??Gibran. Ia harus bolak-balik melakukan lobi politik.

"Banyak hal yang saya sampaikan, keadaan di Solo seperti apa, dan saya sampaikan keseriusan untuk maju (Pilkada Solo)," kata Gibran saat berkunjung ke Kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, (24/10/2019) pekan lalu.

Setelah survei awal yang menunjukkan popularitasnya gemilang, Gibran tampak semakin aktif membuktikan niatnya menjadi walikota mengikuti jejak ayahnya.

Ditolak pengurus PDI-P Solo

Dua bulan lalu, saya berkunjung ke Kota Solo, Jawa Tengah. Saya hendak mengetahui sikap Ketua DPC PDI-P Solo, FX Hadi Rudyatmo yang juga walikota Solo atas rencan Gibran.

Ini adalah wawancara khusus pertama Hadi kepada media terkait isu ini. Ia mengaku terkejut atas langkah Gibran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X