Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Jokowi kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Kompas.com - 01/11/2019, 05:43 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, ada beberapa pesan dan tugas yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya.

"Salah satu yang paling utama disampaikan Presiden, bahwa saya ini adalah putra Sulawesi Utara. Representasi dari Sulawesi Utara," katanya saat diwawancarai wartawan seusai menghadiri pelantikan pengurus AMPI Sulut di Hotel Four Points, Manado, Kamis (31/10/2019) malam.

Selain itu, kata Jerry, Jokowi juga menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi prioritas bangsa dan negara saat ini.

Baca juga: Jerry Sambuaga, Doktor Muda yang Jadi Wakil Menteri Perdagangan

Salah satunya adalah sektor perdagangan. Dalam perdagangan itu, ada dua hal yang harus dilaksanakan dengan cepat. 

Pertama, soal perjanjian perdagangan internasional. Presiden memberi arahan kepada dirinya untuk membantu menteri dalam rangka mempercepat pekerjaan yang belum selesai tersebut.

"Ada banyak perjanjian yang belum rampung di periode lalu, mudah-mudahan itu bisa diselesaikan di periode ini," katanya.

Baca juga: Profil Jerry Sambuaga, Politisi Golkar Jadi Wakil Menteri Perdagangan

Kedua, lanjut Jerry, Presiden meminta dirinya untuk fokus di perjanjian dengan Uni Eropa. Alasannya, karena belum selesai dan posisinya sangat strategis.

"Karena Uni Eropa kawasan besar, lebih dari 23 negara, dan sangat bermanfaat positif untuk keberlangsungan perdagangan Indonesia dengan negara Eropa barat khususnya," sebut dia.

Ia menambahkan, Presiden meminta pesan dan tugas ini agar dalam waktu dekat diselesaikan.

"Tantangan-tantangan yang mungkin selama ini menjadi hambatan, baik itu dari segi regulasi, dari segi Undang-undang, kepemilikan, tarif, tingkat penerima ekspor dan impor, itulah yang sedang kita rumuskan bersama pak menteri untuk bisa mempercepat realiasi itu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com