Universitas Halu Oleo Tuntut Pengusutan Kematian 2 Mahasiswa secara Transparan

Kompas.com - 01/10/2019, 14:58 WIB
Demo mahasiswa Kendari di depan Gedung DPRD Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9/2019). KOMPAS.com/KIKI ANDI PATIDemo mahasiswa Kendari di depan Gedung DPRD Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9/2019).

KENDARI, KOMPAS.com - Pihak Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menyatakan akan terus mengawal proses hukum atas kematian dua mahasiswa, saat aksi demonstrasi pada Kamis (26/9/2019) lalu.

Kedua mahasiswa yang meninggal itu adalah Randi (21), mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan, serta Yusuf Kardawi (19), mahasiswa Fakultas Teknik.

Wakil Rektor III UHO Kendari Nur Arafah mengatakan, sesuai tuntutan mahasiswa, pihaknya akan menunjuk pakar-pakar untuk mengawal proses hukum kematian dua mahasiswa.

"Berdasarkan pernyataan Pak Rektor itu hari, dan sesuai tuntutan mahasiswa agar proses hukum oleh pihak berwajib dilakukan secara transparan serta bertanggung jawab," ujar Arafah saat dihubungi, Selasa (1/10/2019).

Baca juga: 4 Fakta Baru 2 Mahasiswa UHO Kendari Tewas Saat Demo, Ditemukan 3 Proyektil hingga 13 Polisi Ditahan

Meski demikian, ia juga meminta kepada mahasiswa dan masyarakat untuk tenang dan damai demi menjaga keamanan dan ketertiban.

Civitas akademika UHO sangat berduka cita atas meninggalnya dua mahasiswa yaitu Randi dan Muhammad Yusuf Kardawi.

Sebelumnya, demo mahasiswa menolak sejumlah rancangan Undang-Undang di Gedung DPRD Provinsi Sultra, Kamis (26/9/2019) menelan korban jiwa.

Randi dinyatakan meninggal karena mengalami luka parah di dada sebelah kanan, setelah mendapat perawatan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Ismoyo Kendari.

Sementara itu, Yusuf Kardawi mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Bahteramas Kendari, setelah dioperasi akibat luka parah di bagian kepalanya. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X