Panglima TNI: Dua Prajurit TNI Diperiksa Terkait Dugaan Ujaran Rasial

Kompas.com - 29/08/2019, 11:04 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan ornamen masyarakat Papua di Kota Jayapura, Selasa (27/08/2019) malam KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan ornamen masyarakat Papua di Kota Jayapura, Selasa (27/08/2019) malam

TIMIKA, KOMPAS.com - Dua prajurit TNI AD di Surabaya, Jawa Timur, tengah menjalani pemeriksaan terkait dugaan ujaran rasisme terhadap mahasiswa Papua.

Keduanya yakni Danramil Surabaya 0831/02 Mayor Inf NH Irianto dan seorang Babinsa.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, hingga kini keduanya masih berstatus terperiksa.

Baca juga: Panglima TNI Ajak Egianus Kogoya Berdialog

Danramil diperiksa karena tidak mengindahkan perintah atasannya sehingga menimbulkan dugaan ujaran rasisme.

"Untuk Babinsa saat ini terus dilakukan pedalaman dengan bukti-bukti yang ada," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Timika, Rabu (28/8/2019).

Bila keduanya terbukti melakukan ujaran rasis kepada para mahasiswa di asrama Papua, di Surabaya, maka tentunya akan diproses.

Baca juga: Massa Sempat Anarkis di Jayapura, Kaca Mobil Dandim Pecah Dilempari Batu

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan kepada seluruh anggotanya bahwa dirinya tidak akan memberikan ruang kepada pelaku rasisme.

"Saya sampaikan kepada seluruh anggota bahwa TNI tidak memberikan ruang terhadap pelaku-pelaku rasis dan akan kita tindak tegas," pungkas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X