Puslabfor Mabes Polri Ikut Selidiki Ambruknya Tiang Penyangga Tol BORR

Kompas.com - 11/07/2019, 05:46 WIB
Seorang petugas dari Puslabfor Mabes Polri sedang mengambil dokumentasi foto di lokasi ambruknya tiang penyangga Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A, Rabu (10/7/2019). RAMDHAN TRIYADI BEMPAHSeorang petugas dari Puslabfor Mabes Polri sedang mengambil dokumentasi foto di lokasi ambruknya tiang penyangga Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A, Rabu (10/7/2019).

BOGOR, KOMPAS.com - Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri ikut melakukan investigasi atas kejadian ambruknya tiang penyangga proyek tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A di Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor.

Pantauan di lokasi, tim Puslabfor yang berjumlah dua orang terlihat mengambil beberapa gambar tiang penyangga yang ambruk menggunakan kamera.

Mereka juga sempat berbincang dengan salah satu karyawan dari PT PP (Persero) Tbk selaku kontraktor proyek tersebut.

General Affair PT PP (Persero) Tbk Surya mengatakan, tim Puslabfor sempat meminta keterangan terkait kronologi peristiwa tersebut.

"Tadi lebih diminta soal kronologinya seperti apa, sama sekalian dokumentasi," kata Surya, saat ditemui di lokasi, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Ini Penyebab Ambruknya Tiang Penyangga di Proyek Tol BORR Seksi 3A

Surya menambahkan, terkait penyebab pasti ambruknya tiang penyangga, perlu dikaji lebih lanjut. Sebab itu, sambung Surya, pihaknya akan menunggu hasil investigasi yang dilakukan Puslabfor maupun pihak dari Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan (KKJT).

"Mereka semua kan mengumpulkan data. Perkembangannya akan disampaikan secepatnya," tutur Surya.

Atas kejadian ini, pihak PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku operator Tol BORR menghentikan sementara proyek pengerjaan.

Baca juga: Tiang Penyangga Proyek Tol BORR Ambruk, KJKT Lakukan Investigasi

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmojo menyampaikan, pihaknya akan melakukan evaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.

"Akan diteliti dan dievaluasi penyebab kejadian itu. Nantinya, hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metode kerja agar kejadian yang sama tidak terulang," pungkas Hendro.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X