Gunakan Modus Lama, Warga Bulgaria Bobol ATM di Bali

Kompas.com - 10/07/2019, 14:12 WIB
Warga negara Bulgaria Krasimir Stoykov alias Stoykov (bertato) ditangkap usai melakukan aksi skimming di Seminyak, Bali Humas Polda BaliWarga negara Bulgaria Krasimir Stoykov alias Stoykov (bertato) ditangkap usai melakukan aksi skimming di Seminyak, Bali


DENPASAR, KOMPAS.com - Unit Resmob Ditreskrimum Polda Bali menangkap warga negara Bulgaria bernama Krasimir Stoykov alias Stoykov. Dia ditangkap ketika melakukan aksi pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) di jalan Kunti, Seminyak Bali pada Selasa (9/7/2019), pukul 06.00 Wita.

"Kini dia ditahan di Polda Bali dengan kondisi kaki dan tangannya dirantai," kata Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Pol Andi Fairan, Rabu (10/7/2019).

Menurut Andi, Stoykov diduga melakukan kejahatan perbankan metode pencurian akses atau sistem milik orang lain ( skimming). Modus tersebut merupakan modus lama yang sering digunakan dalam kasus pembobolan ATM.

Menurut Andi, penangkapan bermula dari adanya laporan pihak Bank Mandiri bahwa salah satu ATM yang terletak di jalan Kunti Seminyak, Kuta Badung, telah terpasang alat skimming berupa router, lengkap dengan flashdisk dan kamera tersembunyi.


Baca juga: Polisi Ringkus Imigran Srilanka Anggota Sindikat Internasional Skimming Pembobol ATM di Kudus

Dari informasi tersebut, pihak Resmob Polda Bali bersama dengan tim dari Bank Mandiri melakukan pengintaian di sekitar ATM, untuk memantau aksi pelaku.

Kemudian, sekitar pukul 05.47, pelaku datang dengan mengendarai kendaraan roda dua dan selanjutnya masuk ke ruang ATM. 

"Di dalam ATM terlihat pada CCTV pengintai yang telah terpasang, pelaku membuka hidden camera yang terpasang pada pincuver ATM tersebut," kata Fairan.

Saat pelaku keluar dari ATM, anggota Resmob Polda Bali langsung membekuknya.

Polisi mengamankan 1 buah router lengkap dengan flahshdisk, 1 buah kamera tersembunyi, 26 kartu putih, 1 buah penjepit, 1 paspor milik pelaku dan uang tunai Rp2,9 juta. Kemudian, ponsel dan barang-barang pribadi milik pelaku.

Baca juga: Bobol ATM, Empat Warga Rumania Ditangkap di Bali

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X