Seorang Ibu Dijambret Anaknya Sendiri, Begini Kronologinya

Kompas.com - 09/07/2019, 15:13 WIB
Tersangka Yuda Prasetiawan (27) yang tega menjambret kalung ibunya sendiri saat gelar kasus di Mapolsek Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (9/7/2019). KOMPAS.com/M AGUS FAUZUL HAKIMTersangka Yuda Prasetiawan (27) yang tega menjambret kalung ibunya sendiri saat gelar kasus di Mapolsek Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (9/7/2019).


KEDIRI, KOMPAS.com- Yuda Prasetiawan, pemuda usia 27 tahun asal Desa Turus, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ditangkap polisi setelah dilaporkan keluarganya sendiri. Yuda dilaporkan karena menjambret kalung emas yang dikenakan ibunya sendiri.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Gampengrejo Ipda Dian Purwandi mengatakan, peristiwa itu bermula saat pelaku yang seorang pengangguran, meminjam motor kepada Kasiyati (46), ibu kandungnya sendiri, pada 7 Juli 2019.

Saat itu, Kasiyati yang tengah memasak di dapur rumahnya itu menolak meminjamkan motor. Kasiyati khawatir dengan tabiat pelaku yang kerap, bahkan berkali-kali menjual motor yang dibelikannya.

Setelah ditolak, Yuda yang awalnya duduk di kursi depan pintu ruangan dapur, berjalan masuk ke dalam dapur menyusul ibunya.

Yuda saat itu mengitari keberadaan ibunya. Kemudian, saat tepat berada di belakang tubuh ibunya, secepat kilat Yuda merampas kalung yang dikenakan Kasiyati.

"Kalungnya hingga putus," ujar Dian Purwandi, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: 6 Fakta Penjambretan Nenek yang Gendong Cucu di Tanjung Duren

Setelah itu, Yuda langsung pergi melarikan diri dari rumah untuk menjual kalungnya dengan harga Rp 900.000. Padahal, normalnya harga kalung tersebut Rp 3,5 juta.

Menurut pengakuan Yuda, saat itu dia kesal dengan sikap ibunya yang tidak mau meminjamkan motor kepadanya.

Atas peristiwa itu, pihak keluarga yang sudah jengah dengan sikap Yuda kemudian melaporkannya kepada polisi. Selanjutnya, polisi melakukan penangkapan sehari setelahnya saat Yuda pulang ke rumah.

Atas perbuatannya, Yuda saat ini mendekam di tahanan Mapolsek Gampengrejo. Penyidik mengenakan Pasal 365 juncto 367 KHUP tentang kejahatan dalam rumah tangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X