Wagub Uu Minta 1 Juta Hektar Padi Segera Dipanen Untuk Stok Pangan Warga Jabar

Kompas.com - 09/07/2019, 12:49 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Paseh, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com Aam AminullahWakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Paseh, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

SUMEDANG, KOMPAS.com - Memasuki awal musim kemarau, seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dilanda kekeringan

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kekeringan terjadi merata di tiap daerah di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Namun, Wagub Uu memastikan ketersediaan pangan, khususnya padi, di Jawa Barat aman hingga memasuki musim penghujan nanti.


Hal itu disampaikannya usai membuka acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Paseh, Sumedang, Selasa (9/7/2019). 

Baca juga: Kekeringan di Karawang, Warga Gali Sumur di Sungai dan Ambil Air Pukul 2 Dini Hari

"Dalam waktu dekat kami akan memanen 1 juta hektar padi di seluruh wilayah Jawa Barat. Insya Allah, stok itu akan mencukupi hingga musim penghujan tiba. Jadi warga Jawa Barat tidak perlu khawatir, stok pangan aman," ujar Wagub Uu.

Uu menuturkan, pihaknya juga sudah menerima laporan terkait kekeringan yang terjadi hampir merata di tiap daerah di kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Dari informasi yang kami terima kekeringan merata di tiap daerah di kabupaten/kota di Jawa Barat terjadi kekeringan," tuturnya.

Baca juga: Ini 3 Langkah Ridwan Kamil Antisipasi Kekeringan di Jabar

Untuk mengantisipasi hal ini, kata Uu, Pemprov Jawa Barat telah menginstruksikan tiap kabupaten/kota agar membantu, khususnya petani yang membutuhkan air.

"Kami sudah instruksikan kabupaten/kota untuk membantu petani. Bantu mereka (petani) yang membutuhkan pompa air, paralon, kaitannya dengan pengadaan air untuk lahan persawahan mereka," katanya. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X