Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Uu Minta 1 Juta Hektar Padi Segera Dipanen Untuk Stok Pangan Warga Jabar

Kompas.com - 09/07/2019, 12:49 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Memasuki awal musim kemarau, seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dilanda kekeringan

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kekeringan terjadi merata di tiap daerah di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Namun, Wagub Uu memastikan ketersediaan pangan, khususnya padi, di Jawa Barat aman hingga memasuki musim penghujan nanti.

Hal itu disampaikannya usai membuka acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Paseh, Sumedang, Selasa (9/7/2019). 

Baca juga: Kekeringan di Karawang, Warga Gali Sumur di Sungai dan Ambil Air Pukul 2 Dini Hari

"Dalam waktu dekat kami akan memanen 1 juta hektar padi di seluruh wilayah Jawa Barat. Insya Allah, stok itu akan mencukupi hingga musim penghujan tiba. Jadi warga Jawa Barat tidak perlu khawatir, stok pangan aman," ujar Wagub Uu.

Uu menuturkan, pihaknya juga sudah menerima laporan terkait kekeringan yang terjadi hampir merata di tiap daerah di kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Dari informasi yang kami terima kekeringan merata di tiap daerah di kabupaten/kota di Jawa Barat terjadi kekeringan," tuturnya.

Baca juga: Ini 3 Langkah Ridwan Kamil Antisipasi Kekeringan di Jabar

Untuk mengantisipasi hal ini, kata Uu, Pemprov Jawa Barat telah menginstruksikan tiap kabupaten/kota agar membantu, khususnya petani yang membutuhkan air.

"Kami sudah instruksikan kabupaten/kota untuk membantu petani. Bantu mereka (petani) yang membutuhkan pompa air, paralon, kaitannya dengan pengadaan air untuk lahan persawahan mereka," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com