Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rumah Warga Ambruk ke Sungai Jelang Berbuka Puasa

Kompas.com - 27/05/2019, 05:37 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Dua unit rumah semi permanen milik warga di bantaran Sungai Concong, Jalan Datuk Laksamana Kelurahan Concong Luar, Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, ambruk ke sungai akibat longsor menjelang berbuka puasa, Minggu (26/5/2019).

Atas kejadian itu, polisi setempat langsung memberikan bantuan kepada korban. 

Kapolres Inhil AKBP Christian Rony menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Korban jiwa tidak ada. Hanya bangunan rumah warga ambruk ke sungai. Setelah kejadian, jajaran Polsek Concong langsung memberikan bantuan bahan pokok kepada para korban," ungkap Christian pada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Dua Rumah di Bukit Menoreh Rusak Tertimpa Tanah Longsor

Dia mengatakan, dua unit rumah semi permanen yang ambruk ke sungai milik Ubaidillah (56) dan Salpendi (60). Kedua bangunan rumah warga ini berdiri di bantaran Sungai Concong.

Kronologi kejadian

Peristiwa itu persis terjadi menjelang azan magrib dan berbuka puasa. Saat itu, salah keluarga korban Irmansyah (42) sedang berada di dalam rumah. Saksi mata ini nyaris menjadi korban.

"Saksi (Irmansyah) sedang tiduran di dalam rumah sepupunya, Ubaidullah. Pada saat bagian dapur mau roboh, anak korban bernama Rafli Sentosa berteriak memberitahu bangunan dari kayu itu bergoyang seperti hendak ambruk. Sehingga mereka bergegas lari menyelamatkan diri keluar rumah," sebut Christian.

Tak berapa lama kemudian, sambung dia, bangunan rumah ambruk ke sungai. Runtuhnya rumah Ubaidullah juga berdampak pada bangunan rumah tetangganya, Salpendi.

Baca juga: Cerita Korban Longsor Cidadap: Saya Mau Bangunin Bapak, tapi Tiba-tiba Rumah Roboh...

Kejadian ini sempat membuat heboh warga setempat yang akan berbuka puasa.

Sementara itu, selain pengamanan di lokasi kejadian, petugas kepolisian Polsek Concong juga memberikan santunan kepada korban rumah ambruk tersebut. Bantuan diserahkan beberapa saat setelah kejadian.

"Bantuan ini kita berikan sebagai bentuk keprihatinan kepolisian kepada korban. Apalagi kejadiannya saat-saat berbuka puasa," ucap Kapolsek Concong Iptu Heriman Putra dalam keterangan tertulis pada Kompas.com, Minggu.

Menurutnya, bantuan yang diberikan berupa bahan pokok, seperti beras, indomie, telur, dapat meringankan beban kedua korban tersebut.

Baca juga: Diduga Tidak Netral, Pjs Bupati Indragiri Hilir Dipanggil Bawaslu

Salah satu korban, Ubaidullah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan jajaran Polres Inhil dibawah pimpinan AKBP Christian Rony itu.

"Semoga dengan bantuan tersebut, Polsek Concong dan jajaran Polres Inhil menjadi lebih dekat dengan masyarakat dalam mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat, dan menjadi amal jariyah bagi Kapolsek dan anggotanya," ucap Ubaidullah saat menerima bantuan dari polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com