Begini Desain Masjid Karya Ridwan Kamil yang Akan Dibangun di Gaza Palestina

Kompas.com - 25/05/2019, 22:26 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan KamilKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bercerita bahwa dia mendesain  Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina.

Masjid tersebut didesain dengan konsep lima kubah yang diambil dari filosofi lima rukun Islam. Masjid itu rencananya dibangun di area lahan seluas 2.000 meter. 

"Dan alhamdulillah saya menyumbangkan sedikit imajinasi desainnya sesuai keinginan masyarakat di sana. Dari empat pilihan desain, yang dipilih yang ada kubahnya dan itulah yang kami bangun," ujar pria yang kerap disapa Emil itu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (25/5/2019) petang.

Selain mendesain, dia juga tengah menggalang dana pembangunan untuk masjid tersebut secara daring melalui situs Kitabisa.com.

Di laman Kitabisa.com, dana yang sudah terkumpul hingga Sabtu (25/5/2019) pukul 18.45 WIB mencapai Rp 1.071.987.011. Penggalangan dana itu ditargetkan bisa meraup sumbangan sebesar Rp 20 miliar.

"Target kami kan Rp 20 miliar. Hanya yang via online alhamdulillah sudah Rp 1 miliar. Mudah-mudahan pada bulan Agustus, targetnya bisa tercapai dan kami bisa groundbreaking membangun masjid sumbangan rakyat Indonesia di Gaza, Palestina," katanya.

Ridwan Kamil bercerita, masjid itu hancur dalam agresi militer Israel pada 2014 lalu. Masjid itu, lanjut dia, sangat vital lantaran jadi salah satu masjid yang banyak melahirkan para penghafal (hafiz) Alquran. 


"Jadi itu masjid besar yang hancur oleh agresi serangan Israel selama ini masjid itu tempat ibadah utama dan telah menghasilkan 70.000-an hafiz Alquran. Sekarang rata dengan tanah maka solatnya ditenda kawinan begitu sehingga betul-betul menderita," tuturnya.

Pada bulan Oktober tahun 2018 silam, lanjut Emil, organisasi Aman Palestina datang membawa pesan dari warga Gaza yang memintanya untuk mendesain sekaligus menggalang dana untuk pembangunan masjid itu.

"Jadi ini kita buktikan sebagai ukhwah Islamiyah kita. Kalau terealisasi itu akan jadi sumbangan masjid terbesar dari Indonesia," ungkapnya.



Terkini Lainnya


Close Ads X