Jokowi: Gunung Mas Paling Siap Jadi Ibu Kota, tetapi Infrastruktur Harus Bangun dari Nol

Kompas.com - 08/05/2019, 18:46 WIB
Presiden Joko Widodo bersiap menaiki helikopter saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.Akbar Nugroho Gumay Presiden Joko Widodo bersiap menaiki helikopter saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

PALANGKARAYA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menilai wilayah Gunung Mas di Kalimantan Tengah, paling siap untuk jadi ibu kota negara berdasarkan luas wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau langsung lokasi tersebut, Rabu (8/5/2019).

“Kalau dari segi keluasan wilayah, di sini mungkin paling siap, mau minta berapa pun luasnya masih cukup,” kata Joko Widodo, saat diwawancara di titik lokasi, Rabu (8/5/2019).


Baca juga: Jokowi: Dari Luas Wilayah, Kalimantan Tengah Paling Siap Jadi Ibu Kota

Jokowi meninjau lokasi tersebut setelah sebelumnya sempat melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter.

Namun, untuk jadi ibu kota, perlu ada pembangunan infrastruktur dari nol di Gunung Mas.

"Namun, infrastruktur harus dibangun dari nol lagi, serta dari aspek lainnya yang harus diperhatikan," ujar Jokowi.

Saat melihat langsung titik lokasi yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Presiden Joko Widodo nampak tersenyum dan sempat menyendiri untuk melihat ke sekeliling area tersebut.

Provinsi Kalimantan Tengah sebelumnya telah menyiapkan lahan dengan luas lebih dari 300.000 hektar untuk ibu kota yang baru.

Baca juga: Perjalanan Jokowi Mencari Ibu Kota Baru, dari Bukit Soeharto Kaltim ke Segitiga Kalteng

Tempat tersebut memasuki tiga wilayah yang ada di Kalimantan Tengah, antara lain Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas, yang berbentuk segitiga. 

Selain di Gunung Mas, Jokowi juga melakukan pemantauan udara bersama rombongan di dua wilayah lainnya.

Setelah selesai melihat secara langsung titik lokasi calon ibu kota yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Presiden Joko Widodo beserta rombongan kembali ke Palangkaraya, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.



Terkini Lainnya


Close Ads X