Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Banjir di Empat Desa di Pinrang Butuh Makanan dan Pakaian

Kompas.com - 30/04/2019, 19:29 WIB
Suddin Syamsuddin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS.com - Empat desa di Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, terendam banjir setinggi satu hingga dua meter.

Akibatnya, ratusan warga dari empat desa tersebut harus mengungsi ke rumah warga lain yang tidak terdampak banjir. 

Empat desa yang terdampak banjir yakni Desa Massewae, Desa Katopporang, Desa Pekkabata dan Desa Kabalangang. 

Rusli, Kepala Kampung 02, Desa Kabalangang mengatakan, curah hujan yang tinggi membuat sungai Lasape di wilayah itu meluap. 

“Hujan yang terus menerus membuat air sungai Lasape meluap. Terparah di Desa Kabalangang air setinggi satu meter, nyaris membuat rumah warga tenggelam,“ kata Rusli, Senin (30/04/2019) sore.

Baca juga: Polwan Polres Pinrang Ditikam Orang Tak Dikenal di Rumahnya

Menurut Rusli, para warga hanya sempat menyelamatkan anggota keluarganya dan tak sempat menyelamatkan barang berharga di rumahnya saat banjir datang. 

Hal yang sama dialami oleh Edi, warga Desa Pekkabata. Dia hanya mampu menyelamatkan anak istrinya saat banjir melanda desanya. 

“ Saya, anak dan istri saya terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terdampak banjir. Kami saat banjir tak bisa menyelamatkan harta benda yang terendam air di dalam rumah,“ kata Edi, Senin.

Butuh bantuan

Sementara Sari, warga Desa Pekkabata lain, mengatakan para pengungsi saat ini sangat butuh bahan makanan utama seperti beras. Pengungsi juga butuh selimut dan pakaian. 

“Dua hari ini kami mengungsi ke rumah tetangga, kami sangat kesulitan bahan makanan. Kami juga membutuhkan selimut dan pakaian,“ kata Sari. 

Baca juga: Banjir Rendam Dua Kecamatan di Pinrang, 1.000 Kepala Keluarga Terisolasi

Seperti diketahui, banjir di Kabupaten Pinrang terjadi sejak dua hari lalu. Namun hingga berita ini diturunkan, pemerintah kabupaten Pinrang belum juga menyalurkan bantuan ke ratusan pengungsi dan warga terdampak. 

Menurut keterangan warga, Bupati Pinrang hanya datang sesaat untuk memantau banjir tanpa berinteraksi dengan para pengungsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com