Nasdem dan Demokrat Rebutan Suara, Kantor Distrik Nunggawi Tolikara Papua Dibakar Massa

Kompas.com - 26/04/2019, 12:20 WIB
Proses pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Jayapura, PapuaKOMPAS.com/Dhias Suwandi Proses pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Jayapura, Papua

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kantor Distrik Nunggawi, Kabupaten Tolikara, Papua dibakar oleh sekelompok massa pada Kamis sore (26/04/2019).

Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Chandra Dianto mengungkapkan kejadian tersebut terjadi karena ada keributan antara simpatisan partai yang memperebutkan suara legislatif di DPRD Kabupaten Tolikara.

"Itu benar ada kejadian kebakaran kantor distrik. Namun saya tidak bisa menjelaskan kronologisnya bagaimana yang jelas. Laporan dari masyarakat bahwa ada dari Partai Nasdem dan Demokrat," ujarnya kepada Kompas.com melalui telepon, Jumat (26/04/2019).

Baca juga: KPU: Surat Suara yang Dibakar di Papua Tidak Terpakai


Aparat keamanan belum mengetahui informasi lengkap karena terkendala tidak adanya jaringan telekomunikasi di lokasi tersebut.

"Tadi pagi pasukan gabungan TNI/Polri berangkat jam 08.00 WIT. Ada sekitar 60 personil," katanya.

Menurutnya, saat ini situasi di Distrik Nunggawi sudah kondusif karena pasca pembakaran tidak ada aksi susulan.

Baca juga: Partai Garuda Klaim Dulang Suara di Papua

Kejadian pembakaran ini juga dibenarkan oleh anggota Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Michael Manoach.

"Benar dan anggota Bawaslu Tolikara Webenus Bembok dan KPU sedang menuju distrik tersebut untuk mengecek di lapangan," jelasnya kepada Kompas.com. melalui pesan singkat.



Terkini Lainnya


Close Ads X