Polisi Banjar Kawal 8 Truk Pengangkut Logistik Pemilu

Kompas.com - 15/04/2019, 13:20 WIB
Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana (dua kanan) saat berdiskusi sebelum melepas logistik pemilu di Gudang KPU Kota Banjar, Senin (15/4/2019). KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHAKapolres Banjar AKBP Yulian Perdana (dua kanan) saat berdiskusi sebelum melepas logistik pemilu di Gudang KPU Kota Banjar, Senin (15/4/2019).

BANJAR, KOMPAS.com - Petugas Kepolisian Resor Banjar, Jawa Barat (Jabar) mengawal pengiriman logistik pemilu dari gudang KPU Kota Banjar di Jalan Tanjungsukur ke 25 PPS yang tersebar di kota ini. Logistik pemilu tersebut diangkut dengan 8 unit truk boks.

"Kami kawal," kata Kapolres Banjar, Ajun Komisaris Besar Yulian Perdana di sela pelepasan logistik pemilu, Senin (15/4/2019).

Setiap dua unit truk boks logistik pemilu dikawal satu kendaraan Satuan Lalu Lintas dan Satuan Sabhara. Jumlah kotak suara yang didistribusikan sebanyak 3.170 kotak suara.

Selain itu ada pula logistik pemilu yakni surat suara dan surat administrasi lainnya.


Baca juga: Satu Karung Surat Suara DPD Sumbar Ditemukan Tercecer di Riau

Yulian mengatakan, petugas pengamanan, penyelenggara, dan pengawas harus bersinergi untuk menyukseskan tahap pemungutan dan penghitungan suara.

Petugas di lapangan ini, kata dia, juga harus tetap waspada terhadap konflik horisontal meskipun kemungkinan terjadinya sangat kecil.

"Namun bila ada informasi sekecil apapun harap lapor ke pihak Kepolisian," kata Yulian.

Dia juga meminta petugas mengantisipasi dan waspada terhadap propaganda-propaganda negatif misalnya terkait dijadikannya tempat ibadah untuk menyebar ujaran kebencian.

Baca juga: Petugas Bersenjata Laras Panjang Kawal Distribusi Surat Suara di Aceh Utara

 

Selain itu, petugas harus mewaspadai upaya intimidasi kepada warga agar tidak mencoblos dan tidak datang ke TPS.

"Ini jangan sampai terjadi, personel Polri khususnya Polres Banjar siap siaga selama empat hari ke depan," terang Yulian.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis, mengatakan, daerahnya merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang tepat waktu dalam pendistribusian Logistik pemilu 2019 ke PPS yaitu H-2.

Di daerah lain, kata Dani, masih ada yang masih kekuarangan logistik pemilu.

"Ini harus disyukuri, semoga ini pertanda baik dalam menyukseskan Pemilu 2019," katanya. 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X