Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Selesai Dikerjakan, 99 Meter Tanggul Irigasi Dirusak OTK

Kompas.com - 01/04/2019, 14:49 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com - Puluhan meter tebing bangunan tanggul irigasi atau talut yang baru selesai dikerjakan dirusak oleh orang tak dikenal di Desa Krueng Lingka Timu dan Desa Alue Jamok, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara, Minggu (31/3/2019) sore.

Kasus itu dilaporkan ke Polsek Baktiya, Kabupaten Aceh Utara.

Kapolsek Baktiya, Ipda Mahmud menyebutkan, pihaknya telah melakukan penyelidikan terhadap perusakan tanggul irigasi sawah di dua desa itu.

Baca juga: Gubernur Sulsel: Banjir Bandang Disebabkan Pendangkalan Sungai dan Perusakan Hutan

 

Polisi sudah turun ke lokasi untuk meminta keterangan warga dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Sejauh ini, kami belum tahu motif para pelaku melakukan perusakan milik dua desa itu. Setelah kami ukur yang rusak itu 99 meter. Dibangun dengan menggunakan dana desa,” sebut Ipda Muhammad, saat dihubungi Senin (1/4/2019).

Salah seorang warga, sambung Kapolsek, menyebutkan tanggul itu dirusak persis sehari setelah dibangun. Perusakan itu hingga kini masih didalami.

Baca juga: Perusakan Nisan Makam di Magelang Meluas

“Ada dugaan tanah yang dibangun tanggul itu dulu sengketa. Dugaan kami ke sana, namun terus kami dalami. Siapa pelakunya terus diburu,” kata dia.

Dia meminta agar masyarakat menyelesaikan masalah lewat mekanisme hukum dan musyawarah. Jangan sampai merusak pembangunan yang didanai dari dana desa.

Tanggul itu sangat bermanfaat untuk mengairi sawah di lokasi. Ini dirusak, kami akan periksa sampai detail, sampai ketemu siapa pelakunya,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com