Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Besar, Jokowi Harap PLTU Cilacap Dongkrak Pasokan Listrik di Jawa dan Bali

Kompas.com - 26/02/2019, 00:09 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap proyek Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ekspansi Tahap I dan II dengan kapasitas 1x660 dan 1x1.000 Mega Watt (MW), di Karangkandri, Cilacap, mampu memasok kebutuhan listrik masyarakat Pulau Jawa dan Bali. 

"Saya sangat menghargai pembangkit listrik tenaga uap di Cilacap. Besar ini, 660 MW, sehingga menambah suplai terutama di Jawa baik untuk industri maupun kekurangan yang ada di rumah tangga," kata Presiden Joko Widodo seperti dikutip dalam keterangan pers Istana Kepresidenan.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan, saat ini juga sedang dilakukan pembangunan PLTU Cilacap Ekspansi Tahan II berkapasitas 1x1.000 MW. Rencananya, PLTU tersebut akan rampung pada akhir 2019 nanti.

"Saya yakin sisa yang 1.000 MW akan diselesaikan akhir tahun 2019 dan akan terus kami percepat. PLTU Cilacap adalah salah satu proyek pembangkit listrik raksasa dalam program 35.000 MW," kata Jokowi dalam sambutannya, dilansir dari Tribunnews.

Baca Juga: Pidato Kebangsaan Jokowi di Sentul Singgung Konsesi Tanah dalam Pidato, Teriakan Relawan Bergemuruh Bilang "Balikin!"

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah meresmikan PLTU Ekspansi I berkapasitas 1x660 MW di Karangkandri, Cilacap, pada hari Senin (25/2/2019). 

Proyek ekpansi PLTU Cilacap tersebut dibangun di atas lahan seluas 26 hektar. Lokasinya berada di tiga desa, yaitu Desa Karangkandri, Menganti, dan Selarang, Kecamatan Kesugihan.

Seperti diketahui, total investasi proyek kelistrikan di Cilacap meliputi PLTU Adipala dengan kapasitas 660 MW yang sudah beroperasi. Selain itu ada PLTU Cilacap 1 dan 2 dengan kapasitas 2x300 MW Keduanya sudah beroperasi sejak 2015 lalu.

Kemudian disusul PLTU Cilacap Ekspansi 1 kapasitas 1x660 MW yang telah beroperasi, serta Cilacap Ekspansi 2 dengan kapasitas 1x1000 MW yang kini dalam masa uji coba.

Baca Juga: Ketum Parpol, Menteri, hingga Kepala Daerah Hadiri Pidato Politik Jokowi di Sentul

"Dengan listrik, industri rumah tangga juga bisa bekerja di malam hari, dari yang biasanya tidak bisa kerja. Anak-anak Indonesia jadi bisa belajar di malam hari," kata Jokowi. 

Sementara itu, kehadiran PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I 660 MW ini membuat PLN bisa melayani tambahan pelanggan baru hingga 682 ribu orang untuk sistem di Jawa dan Bali.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul: Resmikan PLTU Cilacap Ekspansi 1x660 MW, Jokowi : Ini Kapasitas Besar Sekali

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com