Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Penampakan Alun-alun Cianjur yang Jadi Proyek Percontohan Nasional (2)

Kompas.com - 09/02/2019, 14:20 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Alun-alun di Cianjur, Jawa Barat, menjadi kebanggaan tersendiri bagi warganya. Selain desainnya yang bagus, alun-alun tersebut juga akan dijadikan proyek percontohan nasional oleh Presiden Jokowi.

Kebanggan itu disampaikan salah seorang warga Cianjur, Deti Mega (29). Deti mengaku sangat senang alun-alun di kotanya menjadi proyek percontohan pembangunan alun-alun di seluruh kota kabupaten di Indonesia.

"Sebenarnya, Jawa Barat sudah punya programnya, digagas Pak Ridwan Kamil. Setiap kabupaten bikin alun-alun. Salah satunya di Tasikmalaya. Tapi bangga banget kalau alun-alun Cianjur jadi proyek percontohan nasional," ujar Deti.

Menurut Deti, alun-alun memiliki fungsi penting bagi dinamika kehidupan masyarakat perkotaan.

Alun-alun dinilai menjadi tempat masyarakat untuk berkumpul dan rekreasi. Khususnya bersama keluarga.

Baca juga: Berita Foto: Penampakan Alun-alun Cianjur yang Jadi Proyek Percontohan Nasional (1)

Ia berharap, alun-alun yang nantinya dibangun di kota-kota/ kabupaten lain mempunyai ciri khas sendiri-sendiri.

"Harus punya tema mencerminkan kota itu. Ada ciri khasnya. Juga harus lengkap fasilitasnya. Ada wifi, penyewaan sepeda, bangku banyakin sama tempat sampahnya," ujar Deti.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Alun-alun Cianjur, Jumat  (8/2/2019) kemarin. Jokowi menyebut, Alun-alun Cianjur akan menjadi inspirasi bagi daerah lain.

"Ini akan menjadi inspirasi. Nanti, 514 kabupaten/ kota yang ada di seluruh Indonesia, mau kita update sedikit-sedikit biar kayak alun-alun Cianjur," ujar Presiden Jokowi

Nantinya, lanjut Jokowi, proyek pembangunan alun-alun di setiap kota dan kabupaten akan dikerjakan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dengan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Berita Foto: Penampakan Alun-alun Cianjur yang Jadi Proyek Percontohan Nasional (1)

Menurut Jokowi bahwa alun-alun bukan hanya berfungsi sebagai land mark sebuah kota, tetapi juga ruang publik, ruang sosial, ruang budaya dan gambaran peradaban juga.

Jogging track di Alun-alun Cianjur yang menjadi proyek percontohan nasional.KOMPAS.com/ DOK HUMAS PEMKAB CIANJUR Jogging track di Alun-alun Cianjur yang menjadi proyek percontohan nasional.

Tempat berkumpul dan bermain warga di Alun-alun Cianjur.KOMPAS.com/ DOK HUMAS PEMKAB CIANJUR Tempat berkumpul dan bermain warga di Alun-alun Cianjur.

Alun-alun Cianjur yang baru diresmikan Jokowi pada Jumat (8/2/2019) dan menjadi proyek percontohan nasional.KOMPAS.com/ DOK HUMAS PEMKAB CIANJUR Alun-alun Cianjur yang baru diresmikan Jokowi pada Jumat (8/2/2019) dan menjadi proyek percontohan nasional.

Menara menambah kecantikan Alun-alun Cianjur, Jawa Barat.KOMPAS.com/ DOK HUMAS PEMKAB CIANJUR Menara menambah kecantikan Alun-alun Cianjur, Jawa Barat.

Alun-alun Cianjur dilengkapi tangga menuju menara.KOMPAS.com/ DOK HUMAS PEMKAB CIANJUR Alun-alun Cianjur dilengkapi tangga menuju menara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com