Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Kakek Dikerangkeng Tanpa Pakaian Viral, Ini Penjelasan Lengkap Anak Kandung

Kompas.com - 18/01/2019, 12:35 WIB
Caroline Damanik

Editor

MEDAN, KOMPAS.com - Abdul Zalil, seorang kakek berusia 68 tahun, ditemukan dalam kondisi memprihatinkan di salah satu bangunan di belakang rumah warga di Jalan Sumber Utama Gang Kolam Simsa, Kelurahan Harjo Sari II, Kecamatan Medan Amplas, Sumatera Utara, dalam kondisi menyedihkan.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, Abdul yang menderita stroke diasingkan oleh anaknya sendiri, Rahmadani (28), di dalam kerangkeng.

Dia tinggal bersama dengan putrinya, Rahmadani dan menantunya, Tasmoni (33).

Rumah yang mereka tempati merupakan rumah kontrakan dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Ukurannya relatif kecil.

Baca juga: Viral, Foto Kakek di Medan Dikerangkeng Anak Kandung dan Tidur Tanpa Pakaian

Rahmadani mengungkapkan, ayahnya kehilangan kemandirian hidup semenjak mengidap penyakit lumpuh pada pertengahan bulan September 2018.

Karena penyakit itu, ayahnya menjadi tak bisa melakukan segala hal sendiri, termasuk untuk buang air besar dan buang air kecil.

Sebelum mengidap penyakit tersebut, ayahnya tidur di kamar tidur. Rahmadani mengaku, dia dan suaminya seringkali dibuat repot karena kotoran ayahnya melumuri lantai, bahkan sampai ke dinding kamar.

Tak tahan menghadapi itu, mereka berdua kemudian membuatkan satu kamar khusus di bagian belakang rumah untuk tempat ayah mereka.

"Kebetulan di kamar yang dahulu ada bapak saya, juga ada barang-barang kami. Terkena sama kotoran bapak. Makanya kami buatkan kamar itu," ujar Rahmadani Saat dikonfirmasi pada Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Kisah Sedih Pengantin di Palembang, Wedding Organizer Kabur, Tamu Tak Makan

Dengan demikian, lanjut dia, mereka dapat lebih mudah membersihkan ayah mereka setiap kali buang air besar atau kecil.

Rahmadani membantah pernah memasukkan ayahnya ke dalam kerangkeng besi. Menurut dia, yang terjadi bukan seperti yang ada dalam foto.

"Itu fotonya saat kami baru saja selesai membersihkan bapak (mencebok). Jadi, kami lepas baju dan celananya. Sebelum ini, pintu kamar bapak adalah terali besi. Ada pula yang memotret dan diunggah ke medsos. Jadilah heboh. Disangka kami mengandangkan bapak kami," tutur Rahmadani.

Dia juga mengatakan bahwa pelaku pengunggah foto ayahnya sudah minta maaf kepadanya.

Selain itu, lanjut Rahmadani, setelah foto itu viral, TNI, polisi, dan pemerintah kecamatan sudah bertandang ke rumah mereka. Sesudah itu, ayah mereka dibawa ke rumah sakit setempat guna mendapat tindakan medis.

Sebelumnya diberitakan, foto seorang kakek berada dalam ruangan kecil mirip kurungan berpagar besi tanpa alas dengan posisi tertidur menghadap samping kanan beredar di media sosial Facebook.

Dalam foto tersebut, sang kakek yang kurus kering hanya ditemani piring plastik berwarna oranye yang diduga menjadi tempat makanannya dan sebuah botol minuman mineral 1,5 liter.

Polisi membenarkan telah mendapati Abdul  berada dalam kondisi yang sama dengan di foto tersebut.

Dadang mengatakan, Abdul yang ternyata menderita stroke ditemukan di salah satu bangunan di belakang rumah warga di Jalan Sumber Utama Gang Kolam Simsa, Kelurahan Harjo Sari II, Kecamatan Medan Amplas, Sumatera Utara, dalam kondisi menyedihkan.

 

 

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Pria Tua Kurus Kering Diletak Anak Perempuannya dalam Kerangkeng Diselamatkan Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com