Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Bus di KM 49 Tol Jakarta-Cikampek Sebabkan Kemacetan hingga 7 Kilometer

Kompas.com - 13/01/2019, 20:13 WIB
Farida Farhan,
Khairina

Tim Redaksi

 
 
 
KARAWANG, KOMPAS.com-Kebakaran bus pariwisata di KM 49,850 A tol Jakarta-Cikampek, Minggu (13/1/2019) sekitar pukul 15.00 WIB, menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer.
 
"Imbas dari kebakaran bus terjadi kepadatan, lalu lintas mulai tersendat dari KM 45 A sampai dengan KM 49.850 A, karena semua lajur tertutup. Antrean kendaraan enam hingga tujuh kilometer," kata Kasat Lantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana.
 
Pihaknya, kata Bariu, telah melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengurai kemacetan.
 
"Kami sudah lakukan open traffic," katanya.
 
 
Saat ini, kata dia, bus yang terbakar sudah berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran (damkar) Karawang. Hanya saja, bus masih berada di bahu jalan tol.
 
"Sementara di bahu jalan. Selanjutnya akan dilakukn evakuasi," kata Bariu.
 
Bus dari Perusahaan Otobus (PO) Banter dengan nomor polisi Z 7937 DC yang dikemudikan Dudung Sudrajat (53) melaju dari Jakarta menuju Cikampek dengan membawa 37 peziarah.
 
"Mereka habis berziarah ke makam Mbah Priuk," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya.
 
Mereka, kata Slamet, berangkat dari Jakarta sekitar pukul 13.00 WIB. Kemudian, saat sampai di kilometer 49.850 A tol Jakarta-Cikampek, Dudung melihat indikator aki menyala selanjutnya.
 
"Pengemudi meminggirkan kendaraan bus di bahu jalan, kemudian kernet, Ade Hermawan (44), mengecek bagian mesin belakang," katanya.
 
Lantaran melibat ada asap dan percikan api, Dudung dan Ade meminta penumpang untuk turun. Api kemudian membesar dan membakar bagian bus. Kebakaran diduga akibat korsleting pada bagian mesin.
 
"Korban nihil, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 300.000.000," katanya.
 
Kompas TV Kecelakaan terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek. Satu unit bus terbakar di kilometer 49 daerah Karawang Barat. Belum diketahui kondisi penumpang saat ini. Bus terbakar di bahu jalan. Hingga saat ini kami masih mencari informasi untuk mengetahui kondisi sopir dan penumpang bus yang terbakar. Dan dalam visual lain yang dikirim pengguna jalan di laman twitter Elshinta. Kondisi lalu lintas macet menjelang lokasi bus yang terbakar. Polisi dan petugas Jasa Marga sudah berada di lokasi kejadian untuk penanganan labih lanjut.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com