BKSDA Cek Lokasi Amukan Gajah Liar di Aceh Utara

Kompas.com - 12/01/2019, 14:53 WIB
video kawanan gajah liar yang direkam warga di Kecamatan Sakti kabupaten Pidie saat turun ke pemukiman penduduk, Selasa (06/11/2018).KOMPAS.COM/RAJA UMAR video kawanan gajah liar yang direkam warga di Kecamatan Sakti kabupaten Pidie saat turun ke pemukiman penduduk, Selasa (06/11/2018).

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Provinsi Aceh mengecek lokasi amukan gajah liar di Kecamatan Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah Lhokseumawe BKSDA Aceh Dedi Irvansyah, Sabtu (12/1/2019), menyebutkan, BKSDA telah menemui salah satu masyarakat pelapor bernama Jufri di kawasan itu.

Di lokasi itu, ditemukan kotoran gajah liar dan sisa batang sawit yang dimakan gajah.

“Untuk Pak Jufri ini, sebagai pelapor, kami berikan bantuan 12 mercon. Agar ketika gajah itu datang, bisa dihalau dengan mercon,” ujar Dedi.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan masyarakat sekitar, diduga gajah turun ke perkebunan warga karena ada pembukaan lahan baru perkebunan sawit di kawasan itu. 

Baca juga: Kawanan Gajah Liar Rusak Rumah dan Puluhan Hektare Kebun Warga di Aceh Utara

Hal ini mengakibatkan habitat mereka di area hutan terganggu dan mencari makan ke kawasan perkebunan dan permukiman warga.

“Menurut warga ada 12 ekor yang terlihat. Kami tentu berupaya agar gajah itu bisa kita usir kembali ke kawasan hutan,” kata Dedi.

Sebelumnya diberitakan, satu unit rumah dan puluhan hektar tanaman warga di Desa Kilometer 8 SP3, Kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara, Jumat (10/1/2019), dirusak gajah liar.

Tidak ada korban dalam kejadian itu. Namun, warga berlarian karena melihat hewan bertubuh besar itu masuk ke area perkebunan warga.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X