Tim Gabungan Akan Amankan Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Solo

Kompas.com - 05/09/2018, 12:06 WIB
Presiden Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, membawa obor dan lentera yang akan digunakan untuk kirab obor Asian Para Games 2018 yang ditemani dengan Presiden NPC Senny Marbun di Hotel Best Western, Solo, Selasa (4/8/2018).BOLASPORT.com/Aprelia Wulansari Presiden Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, membawa obor dan lentera yang akan digunakan untuk kirab obor Asian Para Games 2018 yang ditemani dengan Presiden NPC Senny Marbun di Hotel Best Western, Solo, Selasa (4/8/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Polresta Surakarta menerjunkan 907 personel gabungan untuk ikut mengamankan jalannya kirab obor Asian Para Games 2018 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018). Mereka berasal dari unsur TNI/ Polri, Satpol PP, Dishub dan Linmas.

Kirab obor Asian Para Games 2018 dimulai dengan pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu pagi. Api abadi selanjutnya dibawa ke Solo dan diinapkan semalam di Balai Kota Surakarta.

"Ada 907 personel gabungan yang kita terjun untuk ikut mengamankan sepanjang kawasan yang dilintasi kirab obor Asian Para Games 2018," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Surakarta, AKBP Andy Rifai di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Tuan Rumah Asian Para Games 2018, Indonesia Utamakan Keamanan dan Kenyamanan


Api abadi dari Mrapen tiba di kantor pusat Nasional Paralympic Commitee (NPC) Jalan Ir Sutami Kentingan, Jebres, Solo sekitar pukul 13.00 WIB. Selanjutnya api abadi dikirab menggunakan kereta kencana menuju Jalan Ir Juanda (sampai warung pelem) - Jalan Jenderal Urip Sumoharjo.

Api abadi selanjurnya dibawa berjalan/lari dari Jalan Ir Juanda - Jalan Jenderal Urip Sumoharjo - Jalan Sudirman (putar balik) - Balai Kota Surakarta (finish).

Pembawa api abadi dalam kirab obor Asian Para Games 2018 terdiri dari kalangan pejabat, artis, pemangku budaya dan atlet yang berlaga di Asian Para Games 2018.

Baca juga: Ini Daftar Cabang Olahraga Asian Para Games 2018

"Ada sembilan titik estafet yang dilalui kirab obor Asian Para Games 2018. Estafet kirab obor dimulai dari perempatan Jalan Urip Sumoharjo (Warung Pelem) menuju Balai Kota," ungkap dia.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo menambahkan, rombongan pembawa api abadi Mrapen masuk perbatasan Solo dari Purwodadi sekitar pukul 12.00 WIB menggunakan mobil.

"Penutupan arus lalu lintas (lalin) dilakukan secara bertahap ketika rombongan mendekati lokasi," kata dia.

Baca juga: Inapgoc Bicara soal Konsep Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

Seperti diberitakan sebelumnya, api akan dibawa dengan menggunakan lentera yang akan digunakan untuk menyulut api di obor yang akan digunakan di kirab obor.

Kota pertama adalah Solo yang mengawali kirab obor Asian Para Games 2018 yang akan berakhir pada 30 September 2018 di Jakarta.

"Sebanyak 10 pembawa obor akan melakukan seremoni kirab obor, mulai dari atlet, tokoh daerah, hingga selebritas," tutur Ageng Nugroho, Divisi Seremoni Asian Para Games 2018.

Rencananya, sebanyak delapan kota akan menjadi tujuan pelaksanaan kirab obor.

Baca juga: INFOGRAFIK: Fakta Seputar Asian Para Games 2018

Kompas TV Sebanyak 18 cabang olahraga akan dipertandingkan, dengan 568 nomor olahraga.




Close Ads X