Shalat Idul Adha, Saat Jembatan Ampera Jadi Lautan Manusia

Kompas.com - 22/08/2018, 10:55 WIB
Warga Palembang memadati jembatan Ampera untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu (22/8/2018). KOMPAS.com/ Aji YK PutraWarga Palembang memadati jembatan Ampera untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu (22/8/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemandangan kemacetan kendaraan di atas Jembatan Ampera pada hari biasa berubah menjadi lautan manusia saat ribuan warga melaksanakan shalat Idul Adha di atas jembatan yang menjadi ikon kota Palembang, Sumatera Selatan, itu, Rabu (22/8/2018).

Awalya, sejak pukul 05.00 WIB, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di dekat jembatan sudah mulai dipadati para jemaah untuk melaksanakan shalat Id.

Bahkan lokasi yang telah disiapkan para panitia masjid pun membludak karena banyaknya warga yang datang sehingga barisan warga yang melaksanakan shalat pun mengular hingga ke atas jembatan Ampera.

pada pukul 06.00 WIB agar warga yang melaksanakan shalat tidak terganggu.

uasana ini pun memang sudah menjadi tradisi tahunan bagi warga Palembang ketika pelaksanaan shalat Idul Fitri maupun Idul Adha untuk shalat bersama hingga ke atas jembatan Ampera karena Masjid Agung SMB II kerap penuh diisi oleh warga yang ingin shalat.

Ratna (30), salah satu warga, mengaku kerap sengaja shalat bersama keluarga di Masjid Agung SMB II.

Di situ, mereka dapat menjalin tali silaturahim bersama kerabat mereka yang lain. Bahkan, usai shalat, tak jarang mereka bertemu teman masa kecil maupun rekan kuliah.

“Rasanya enak saja karena bisa shalat bareng-bareng keluarga. Tiap tahun memang di masjid Agung. Tapi karena di dalam masjid penuh, akhirnya shalat di sini (Jembatan Ampera). Kalau masuk ke dalam harus dari subuh biar dapat tempat,” kata Ratna.

Tak hanya warga Palembang, beberapa warga pendatang dari luar Sumatera Selatan juga terkesan dengan ramainya pelaksanaan shalat Id di Palembang hingga memenuhi jembatan Ampera.

 

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dipenuhi ribuan jemaah shalat idul adhaKOMPAS.com/ Aji YK Putra Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dipenuhi ribuan jemaah shalat idul adha

Seperti Sari (30), warga asal Bandung, Jawa Barat. Menurut dia, kegiatan ramainya pelaksanaan shalat Id merupakan pemandangan yang sangat terkesan.

“Ini menarik dan unik, makanya penasaran pengen ikutan shalat di sini. Tenyata memang enak dan nyaman. Tadi juga sempat foto-foto karena sangat jarang lihat jembatan Ampera jadi lautan manusia. Biasanya kan macet,” ujarnya.

etelah pelaksanaan Id selesai pada pukul 07.00 WIB, akses jalan dari Sudirman menuju Ampera pun akhirnya kembali dibuka polisi dan arus lalu lintas menjadi normal. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X