Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Idul Adha, Saat Jembatan Ampera Jadi Lautan Manusia

Kompas.com - 22/08/2018, 10:55 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemandangan kemacetan kendaraan di atas Jembatan Ampera pada hari biasa berubah menjadi lautan manusia saat ribuan warga melaksanakan shalat Idul Adha di atas jembatan yang menjadi ikon kota Palembang, Sumatera Selatan, itu, Rabu (22/8/2018).

Awalya, sejak pukul 05.00 WIB, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di dekat jembatan sudah mulai dipadati para jemaah untuk melaksanakan shalat Id.

Bahkan lokasi yang telah disiapkan para panitia masjid pun membludak karena banyaknya warga yang datang sehingga barisan warga yang melaksanakan shalat pun mengular hingga ke atas jembatan Ampera.

Petugas dari Kepolisian Polresta Palembang pun akhirnya melakukan penutupan jalan dari Jenderal Sudirman hingga menuju ke atas Jembatan Ampera pada pukul 06.00 WIB agar warga yang melaksanakan shalat tidak terganggu.

Suasana ini pun memang sudah menjadi tradisi tahunan bagi warga Palembang ketika pelaksanaan shalat Idul Fitri maupun Idul Adha untuk shalat bersama hingga ke atas jembatan Ampera karena Masjid Agung SMB II kerap penuh diisi oleh warga yang ingin shalat.

Ratna (30), salah satu warga, mengaku kerap sengaja shalat bersama keluarga di Masjid Agung SMB II.

Di situ, mereka dapat menjalin tali silaturahim bersama kerabat mereka yang lain. Bahkan, usai shalat, tak jarang mereka bertemu teman masa kecil maupun rekan kuliah.

“Rasanya enak saja karena bisa shalat bareng-bareng keluarga. Tiap tahun memang di masjid Agung. Tapi karena di dalam masjid penuh, akhirnya shalat di sini (Jembatan Ampera). Kalau masuk ke dalam harus dari subuh biar dapat tempat,” kata Ratna.

Tak hanya warga Palembang, beberapa warga pendatang dari luar Sumatera Selatan juga terkesan dengan ramainya pelaksanaan shalat Id di Palembang hingga memenuhi jembatan Ampera.

 

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dipenuhi ribuan jemaah shalat idul adhaKOMPAS.com/ Aji YK Putra Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dipenuhi ribuan jemaah shalat idul adha

Seperti Sari (30), warga asal Bandung, Jawa Barat. Menurut dia, kegiatan ramainya pelaksanaan shalat Id merupakan pemandangan yang sangat terkesan.

“Ini menarik dan unik, makanya penasaran pengen ikutan shalat di sini. Tenyata memang enak dan nyaman. Tadi juga sempat foto-foto karena sangat jarang lihat jembatan Ampera jadi lautan manusia. Biasanya kan macet,” ujarnya.

Setelah pelaksanaan Id selesai pada pukul 07.00 WIB, akses jalan dari Sudirman menuju Ampera pun akhirnya kembali dibuka polisi dan arus lalu lintas menjadi normal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com