Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 16 Daerah di Jabar yang Lakukan Dua Kali Pencoblosan

Kompas.com - 25/06/2018, 16:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pilkada serentak di Jawa Barat akan digelar Rabu, 27 Juni 2018. Selain pemilihan gubernur, 16 kabupaten/kota di Jabar turut menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Komisioner KPU Jawa Barat Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Pemilih, Nina Yuningsih mengatakan, masyarakat yang didaerahnya hanya menggelar Pilgub mendapat satu surat suara.

"Sementara masyarakat yang daerahnya melaksanakan pemilihan bupati dan wali kota akan mendapat dua surat suara atau dua kali mencoblos. Nanti panitia akan menyediakan dua kotak suara untuk Pilgub dan Pilbup atau Pilwalkot," ujar Nina, Senin (25/6/2018).

Khusus untuk pemilihan gubernur, masyarakat bisa mencoblos di luar TPS asal. Syaratnya, membawa formulir A5 yang bisa didapat di Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

Baca juga: Tak Liburkan Karyawan pada Pilkada 27 Juni, Perusahaan Bakal Kena Sanksi

"Lapor ke PPS di desa nanti dikasih formulir A5, dibawa saat pencoblosan ke TPS yang dituju, nanti bawa saja e-KTP. Waktu pencoblosan mulai pukul 07.00-13.00 WIB, " tutur Nina.

Nina menambahkan, penghitungan kotak suara untuk Pilgub Jabar akan dilakukan lebih dahulu. "Setelah gubernur, baru bupati dan wali kota," ucapnya.

Pemerintah telah mengumumkan libur nasional pada 27 Juni 2018.

Hal itu sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Berikut 16 Kabupaten/Kota di Jabar yang menggelar Pilkada Serentak 2018:

1. Kota Bandung

2. Kota Bogor

3. Kota Cirebon

4. Kota Sukabumi

5. Kota Banjar

6. Kota Bekasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com