Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Truk yang Menewaskan 11 Orang di Bumiayu Brebes

Kompas.com - 20/05/2018, 22:51 WIB
Farid Assifa

Editor

BREBES, KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia terjadi di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Minggu (20/5/2018) sekitar pukul 16.30 WIB.

Truk tronton berpelat nomor H1996CZ menabrak beberapa bangunan rumah, sepeda motor, dan mobil.

Kendaraan itu membawa muatan gula pasir dari Purwokerto menuju Jakarta.

Sopir saat ini dalam kondisi koma. Sekujur tubuhnya penuh luka, masih dalam perawatan intensif di rumah sakit.

Dia diketahui berinisial PD, beralamatkan di Karangtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap.

Kanit Laka Polres Brebes, Iptu Budi Supartoyo, menerangkan kronologi kecelakaan tersebut setelah menghimpun data dari sejumlah saksi.

"Saat kendaraan melintas di flyover Kretek, masih dalam kondisi normal. Saat melintas di Desa Jatisawit atau dalam kota (Bumiayu), truk diduga mengalami rem blong," kata Budi.

Baca juga: Kecelakan Maut di Bumiayu Brebes, Truk Tabrak Rumah, 11 Orang Tewas

Warga memperhatikan rumah yang tertabrak truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah Warga memperhatikan rumah yang tertabrak truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18
Kondisi jalan di lokasi kecelakaan memang menurun. Karena rem tidak berfungsi, sopir diduga tidak bisa mengendalikan truk.

Kendaraan pun oleng sebelum menabrak beberapa kendaraan lain dan bangunan rumah.

"Sopir akhirnya banting setir ke kiri tapi kendaraan terus melaju. Truk kemudian menabrak satu mobil, 13 sepeda motor, dan tujuh rumah di RT 3 RW 5 Desa Jatisawit," jelasnya.

Sekitar pukul 19.30 WIB, polisi berhasil mengevakuasi bangkai truk tronton dari jalan.

Baca juga: Jasa Raharja Santuni 11 Korban Tewas Akibat Truk Tabrak Rumah di Brebes

Lalu lintas di jalur utama yang semula macet tersebut sudah bisa dilalui kendaraan dari arah Purwokerto dan sebaliknya.

Sejumlah warga memperhatikan lokasi tempat terjadinya kecelakaan truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah Sejumlah warga memperhatikan lokasi tempat terjadinya kecelakaan truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18

Ringkasan kronologi kecelakaan maut truk tronton di Bumiayu, Brebes:

1. Minggu (20/5/2018) mulai pukul 16.00 WIB di Jl  Raya P Diponegoro tepatnya di Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu, melaju truk tronton dengan nomor polisi  H 1996 CZ. Truk ini  bermuatan gula pasir dari Purwokerto menuju Jakarta.

2. Pukul 15.40 WIB truk tersebut melintasi jembatan layang Kretek dalam kondisi normal stabil. Pada pukul 15. 50 WIB saat melintas di jembatan layang yang sampai Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu kondisinya menurun, baru ketahuan ternyata rem truk tidak berfungsi (blong) dan oleng.

3.. Pukul 16.00 WIB, laju truk tidak bisa dikendalikan. Truk akhirnya banting setir ke kiri menabrak mobil sedan nomor polisi E 1085 RE yang dikemudikan Rasidin (38), warga Desa Wanggup Kecamatan Indramayu, dan juga menabrak 13 unit sepeda motor, serta 7 unit rumah di Desa Jatisawit.

4. Pada pkl 19.20 WIB, Polisi Lalu Lintas Bumiayu mengevakuasi truk tronton tersebut.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Kronologi Resmi Kecelakaan Maut di Bumiayu Brebes, Begini Kondisi Sopir Truk

Kompas TV Hadinata menambahkan, truk berwarna merah itu melaju dari arah selatan, yakni Purwokerto menuju ke utara  atau ke arah Tegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com