Polisi Gagalkan Perdagangan "Online" Lima Ekor Elang yang Dilindungi

Kompas.com - 29/03/2018, 16:08 WIB
Petugas tengah mengamankan beberapa jenis burung elang yang merupakan satwa lindung tersebut untuk dibawa kembali ke BBKSDA. KOMPAS.com/AGIE PERMADIPetugas tengah mengamankan beberapa jenis burung elang yang merupakan satwa lindung tersebut untuk dibawa kembali ke BBKSDA.

BANDUNG, KOMPAS.com - Ditreskrimsus Polda Jabar dan Tim Gugus Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar berhasil menggagalkan perdagangan satwa lindung berupa jenis burung elang.

Pelaku yang diketahui berinisial RA (28) merupakan warga Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung, yang melakukan jual beli satwa langka secara online.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku memiliki beberapa jenis burung yang dilindungi, yakni dua ekor elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), dua ekor elang bondol (Haliastur indus), dan satu ekor alap-alap sapi (Falco molucvensis).

"Pelaku ini memiliki lima satwa dilindungi, yang satu meninggal," kata Agung, di Mapolda Jabar, Kamis (29/3/2018).

Sebelumnya, Subdit IV/Tipidter Dit Reskrimsus Polda Jabar bersama petugas BBKSDA melakukan penyelidikan di lokasi, tepatnya di Kampung Jati, Kelurahan Nanjung, Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung. Petugas juga bertemu dengan pelaku.

Berdasarkan keterangannya, pelaku mengaku memiliki, memelihara, dan memperdagangkan satwa jenis burung elang sejak awal tahun 2017.

"Ini (memperdagangkan) sudah berjalan selama enam bulan," ucap Agung.

Baca juga: Akhirnya, Elang Laut Tito dan Taka Terbang Bebas...

Adapun modus pelaku yakni memperdagangkan satwa yang dilindungi tersebut dalam keadaan hidup melalui media sosial.

"Modus pelaku ini menjual dan membeli secara online melalui media sosial di dalam grup Facebook BOP," ujarnya.

Adapun beberapa burung tersebut dijual dan dibeli dengan harga yang variatif, mulai dari harga Rp.600.000 - Rp 1.200.000. Kelima ekor burung tersebut kini berhasil diamankan dan dibawa untuk diserahkan atau dititipkan di BBKSDA Provinsi Jabar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X