Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Paus Sepanjang 15 Meter Ditemukan Terdampar di Bali

Kompas.com - 19/03/2018, 20:19 WIB
Caroline Damanik

Editor

SINGARAJA, KOMPAS.com - Bangkai yang diduga paus jenis sperma sepanjang 15 meter ditemukan terdampar di Pantai Bungkulan, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali, Minggu (18/3/2018).

Bangkai sudah mengeluarkan bau busuk serta ususnya telah terburai dan diperkirakan mati sejak seminggu yang lalu.

Bangkai hewan ini pertama kali ditemukan oleh Made Sutama yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan di desa setempat. Saat itu, dia tengah berkumpul bersama keluarganya di pinggir pantai.

Dia mulanya mengira bahwa benda raksasa yang mengambang di pinggiran pantai itu merupakan sebuah gabus. Ketika dicek lebih dekat, Sutama terkejut karena bangkainya besar sekali.

"Dari kejauhan terlihat seperti gabus. Ternyata setelah didekati kok bangkai paus. Sudah berbau busuk. Langsung saya laporkan ke nelayan setempat," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin.

(Baca juga: Nasib Tragis Harimau Sumatera, Bangkai Digantung, Sebagian Organ Hilang)

Sutama dan para nelayan lainnya di Desa Bungkulan lalu mendorong bangkai paus dengan menggunakan bambu agar kembali lagi ke tengah laut. Namun usaha itu gagal, mengingat bobot ikan paus mencapai sekitar 10 ton.

"Akhirnya kami memutuskan untuk melaporkan kepada kepala dusun keesokan harinya. Oleh kadus lalu dilaporkan lagi ke Polsek Sawan," ucap Sutama.

Aparat kepolisian sektor Sawan datang ke TKP bersama dengan Satpol Air pada Senin sekitar pukul 09.00 Wita.

Penemuan bangkai paus ini juga menarik perhatian Tim Peneliti Kampus Undiksha Singaraja. Mereka juga datang dan mengambil sampel jaringan dari daging bangkai untuk diteliti.

“Dugaan sementara kami bangkai ini jenis paus sperma karena kondisinya sudah hancur. Agar lebih yakin, kami sudah mengambil sampel jaringan untuk kita analisis DNA-nya untuk diteliti. Setelah keluar hasilnya baru kita yakin jenisnya apa,” ujar Gede Iwan Setiabudi, Dosen Jurusan Perikanan Kelautan Undiksha.

Iwan menduga, paus betina ini mati sekitar satu minggu yang lalu. Hanya saja, penyebab pasti dari kematian paus tersebut belum dapat diketahui.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Dikira Gabus Raksasa Ternyata Bangkai Paus Sprema 10 Ton Terdampar di Pantai Bungkulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com