Wali Kota Kendari, "Putra Mahkota” Penerus Takhta Politik yang Terjaring KPK

Kompas.com - 06/03/2018, 11:43 WIB
Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra alias ADP saat meresmikan pasar rakyat Wayong Kendari, Senin (26/2/2018). dok. Humas Pemkot KendariWali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra alias ADP saat meresmikan pasar rakyat Wayong Kendari, Senin (26/2/2018).

KENDARI, KOMPAS.com – Operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra atau yang dikenal dengan sapaan ADP mengejutkan warga Sulawesi Tenggara.

Bagaimana tidak, wali kota termuda di Indonesia itu baru saja menjabat selama 140 hari sejak dilantik 9 Oktober 2017. Dia menang dalam Pilkada Serentak yang digelar Februari 2017.

Saat itu, ADP bersama wakilnya, Sulkarnain, yang didukung oleh lima partai politik yaitu PAN, Gerindra, PKS, PKB dan PBB mengalahkan dua rivalnya di Pilkada Kendari dengan perolehan suara terbanyak yakni 62.019.

Pasangan Abdul Rasak-Haris yang diusung Partai Golkar dan Nasdem menempati urutan kedua yakni 55.769 suara dan pasangan Mohammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud meraih suara 33.501 suara.

Karier politik ADP menurun dari sang ayah, Asrun, yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Kendari selama dua periode, yakni 2007-2012 dan 2012-2017.

ADP maju di Pilkada Kendari atas dorongan sang ayah. Sementara itu, sang ayah, Asrun, akan bertarung dalam Pilkada Sultra yang digelar pada tahun ini.

ADP adalah putra bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya, Asrizal Pratama, menjabat sebagai legislator di DPRD Kendari dari Fraksi PAN.

Sebelum terpilih menjadi wali kota dalam Pemilihan Walikota (Pilwali) Kendari 2017, ADP juga adalah anggota DPRD Provinsi Sultra. ADP terpilih sebagai legislator di tingkat provinsi pada pemilihan legislatif 2014 lalu dengan mendulang suara terbanyak 25.387 suara.

Dinasti politik

Perjalanan politik ADP yang cemerlang berada di bawah bayang-bayang Asrun yang menajdi Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kendari.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X