Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kampus Undip Akan Berdiri di Pekalongan

Kompas.com - 19/01/2018, 21:06 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama bersama Bupati Pekalongan, Jawa Tengah, Asip Kholbihi meninjau dua lokasi yang akan dijadikan kampus Undip.

Yang pertama dikunjungi adalah gedung kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Jalan Mandurorejo Kajen, kemudian di Dukuh Semampir Desa Kesesi Kecamatan Kesesi.

Yos Johan Utama mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan banyak program studi (prodi) untuk Undip yang akan didirikan di Kabupaten Pekalongan, antara lain Prodi Peternakan dan Pertanian. Nantinya juga akan menyusul seperti Fakultas Ekonomi, Hukum, FISIP, juga Fakultas Teknik, Teknik Industri, dan Teknis Sipil.

“Kami juga sedang mengkaji fakultas yang lain seperti Kedokteran misalnya. Juga FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) yang saat ini sedang laku keras di pasaran dunia internasional,” kata Yos Johan.

“Oleh karena itu kami berharap semoga prosesnya cepat berjalan tahap demi setahap. Saya itu senang sekali dengan Bapak Bupati Asip yang langsung tanggap, jelas dan nyata. Bapak Bupati ini trengginas dan tuntas,” tambah dia.

Baca juga : Mantan Ketua OJK Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Manajemen Keuangan Undip

Yos mengungkapkan, kampus Undip didirikan di Kabupaten Pekalongan untuk mempermudah warga di sana dan kota sekitarnya untuk mendapatkan perguruan tinggi yang baik.

“Dan, mempermudah itu bukan hanya masalah tempatnya, akan tetapi juga mempermudah akses bagi orang-orang yang tidak mampu yang berprestasi,” lanjut dia.

Rektor Undip menjelaskan bahwa untuk di Kabupaten Pekalongan, akan dipilihkan prodi-prodi dengan akreditasi A (unggul), sehingga langsung dapat yang terbaik.

Bupati Pekalongan Asip meyakini dengan berdirinya kampus Undip, daerah Kesesi Kabupaten Pekalongan akan berkembang, terutama di bidang ekonomi.

“Jadi ini tanah yang kita rencanakan untuk pembangunan kampus Undip di Kabupaten Pekalongan. Kalau luas tanah di Dukuh Semampir, Desa Kesesi, ini sekitar 160 hektar. Nanti akan kita hibah sesuai kebutuhannya. Jadi ada beberapa spot, antara lain di Jalan Mandurorejo Kajen seluas 6.000 sampai 10.000 meter persegi dan di sini di Dukuh Semampir, Desa Kesesi, ini yang sudah siap kita hibahkan seluas 10 hektar,” papar Bupati.

Baca juga : Jokowi: Undip Bisa Punya Fakultas Ekonomi Digital Jurusan Meme

Rencananya, pembangunan kampus Undip di Pekalongan secepatnya dilakukan tahun 2018.

Kompas TV Korban baru sehari menginap di sebuah hotel di Semarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com