Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Merauke Gagalkan Penyelundupan 1.161 Kura-kura Moncong Babi

Kompas.com - 09/01/2018, 21:25 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Kepolisian Resort Merauke menggagalkan penyelundupan kura-kura moncong babi, Selasa (9/1/2018), di Bandara Mopah, Kabupaten Merauke.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pada pukul 09.48 WIT, petugas keamanan di bandara melihat adanya gelagat yang mencurigakan diduga pelaku.

“Jadi ada dua orang tak dikenal membawa dua buah koper, ke dalam ruang tunggu bandara. Saat itu anggota mencurigai mereka dan kemudian diduga pelaku meletakkan salah satu koper di pojok ruang tunggu,” ujar Ahmad Mustofa, Selasa.

Anggota kemudian memanggil kedua pelaku yang akan boarding. Namun keduanya malah meninggalkan koper yang diduga berisi penyu.

(Baca juga : Penyu Ini Terjerat Tali di Bungkusan Kokain Senilai Rp 718 Miliar )

“Hingga pintu pesawat ditutup, kedua koper tersebut tidak ada yang ambil. Selanjutnya para saksi mengambil kedua koper tersebut dan membawa ke kantor Garuda untuk dilakukan periksaan melalui x-ray,” paparnya.

Dari hasil pemeriksaan, koper tersebut berisi ribuan kura-kura moncong babi. “Dari dalam dua buah koper hitam, anggota menemukan ada 63 box plastik yang berisikan 1.161 ekor kura-kura moncong babi,” ujarnya.

Atas penemuan ini, Polres Merauke akan berkoordinasi dengan pihak bandara, karantina, dan BKSDA. “Untuk sementara kami masih menyelidiki siapa pelaku yang diduga hendak menyelundupkan ribuan kura-kura itu,” tandasnya.

Kompas TV Bayi – bayi penyu ditemukan pemandu wisata yang tiap hari berada di Pantai Pemaron.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com