Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saat Ini Kita Sedang Mengarungi Perjalanan Menuju Negara Maju

Kompas.com - 29/12/2017, 06:26 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini Indonesia sedang mengarungi perjalanan menuju negara maju. Perjalanan itu, sebut Jokowi, dilakukan dengan membangun infrastruktur di seluruh penjuru tanah air.

"Membangun di seluruh pelosok Indonesia. Membangun dari desa, pulau-pulau terdepan, membangun kawasan-kawasan perbatasan sebagai beranda Republik Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya pada perayaan Natal bersama tingkat Nasional di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (28/12/2017).

"Kita sedang berlayar menuju negara maju, dengan membangun manusia Indonesia, manusia Indonesia yang unggul, yang tangguh, dan manusia Indonesia yang bermartabat," sambung Jokowi.

Perjalanan menuju kemajuan bangsa ini, membutuhkan peran semua elemen bangsa untuk menjadi manusia-manusia terbaik di bidangnya masing-masing.

 

(Baca juga : Pesan Natal Jokowi: Jangan Pernah Lelah Bekerja di Ladangnya Tuhan)

Menjadi pribadi-pribadi yang optimistis, tangguh, selalu hidup dengan kasih sayang di hati, dan selalu membantu sesama manusia serta bergotong royong.

Tuhan, sebut Jokowi, sudah memberikan anugerah untuk hidup di tanah air tercinta Indonesia, yang kekayaan alamnya melimpah dan memberikan kecukupan.

"Namun, Tuhan tentu tidak ingin kita jadi berdiam diri. Kita harus terus berusaha, bekerja keras, dan berdoa untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa maju, bangsa makmur dan sejahtera. Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang menghadirkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya," ucap Jokowi.

Makna Natal, sambung Jokowi, harus membawa perubahan sikap mendasar dalam kehidupan sesama anak bangsa. Karena dunia berubah dengan pesat dan tidak bisa dibendung lagi.

"Jika tidak mau tertinggal dengan perubahan, maka kita harus mempersiapkan diri, harus beradaptasi dan mengantisipasi dengan cepat gelombang perubahan yang terjadi," tuturnya.

(Baca juga : Mendadak, Jokowi Hadiri Nikahan Anak Pawang Rusa Istana )

Untuk itu, makna Natal tidak hanya menjadi perayaan seremonial belaka. Tetapi harus menjadi momentum untuk membawa semangat perubahan, semangat untuk mengejar ketertinggalan, semangat untuk kemajuan dan semangat bahwa hari esok harus lebih baik dari hari ini.

"Natal juga harus membawa semangat kesahajaan, semangat untuk berani mengatakan cukup, semangat rela berbagi, dan semangat untuk memperkecil jurang antara kaya dan miskin. Itulah yang perlu kita ingat dalam setiap momentum perayaan Natal," jelasnya.

Perayaan Natal bersama di Pontianak dihadiri ribuan umat Kristiani dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Presiden Joko Widodo hadir dalam perayaan tersebut didampingi ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri kabinet.

Kompas TV Jokowi Hadiri Natal Nasional di Pontianak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com