Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Misa Malam Natal di Bandung, Aher Pamit Sebagai Gubernur

Kompas.com - 25/12/2017, 00:45 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Gubernur Ahmad Heryawan yang didampingi Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo, meninjau misa malam Natal di sejumlah gereja di Bandung.

Peninjauan ini dimulai dari Gereja Katedral, menuju GKI dan berakhir di Gereja Katolik.

Selain mengontrol suasana dan keamanan malam perayaan Natal di Kota Bandung, pria yang akrab dipanggil Aher ini juga berpamitan kepada tokoh agama, Minggu (24/12/2017) malam.

Pasalnya setelah 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, tahun ini merupakan momen peninjauan Natal terakhir Aher sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Tahun ini, tahun terakhir saya menjabat. Tahun depan sudah tidak ikut keliling (meninjau keamanan) sebagai gubernur. Mungkin bisa ikut (meninjau) tahun depan, tapi bukan sebagai gubernur,” kata Aher usai meninjau sejumlah Gereja di Kota Bandung, Minggu (24/12/2017).

Meski begitu pihaknya meminta doa kepada para tokoh agama untuk keselamatannya dan Jawa Barat agar tetap aman dan kondusif. Ia berharap kinerjanya selama 10 tahun ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca juga : Berita Foto: Indonesia Nan Syahdu dan Khidmat di Malam Natal

"Ini tahun terakhir, tentu saya minta doa kepada uskup dan kepada pendeta, untuk doa keselamatan saya bekerja sebagai gubernur selama 10 tahun, betul-betul aman selamat," ia melanjutkan.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Aher meninjau malam misa Natal di beberapa gereja di Kota Bandung untuk memastikan perayaan malam Natal tetap aman dan kondusif. “Saya keliling menggontrol suasana. Ini juga menyakinkan masyarakat bahwa Insya Allah kita menjamin perayaan Natal aman tidak ada suatu apapun," kata Aher.

Aher mengatakan, terciptanya keamanan di Jawa Barat ini juga tak lepas dari kerjasama pihak kepolisian dan TNI yang selalu membantu kinerjanya selama menjabat sebagai gubernur.

Baca juga : Anies Harap Keteduhan Malam Natal Dirasakan Seluruh Warga Jakarta

"Kita dengan sekuat tenaga dengan Kapolda dan Pangdam dan seluruh jajarannya betul-betul bergerak cepat di berbagai tempat untuk membangun rasa aman supaya Natal aman, penuh kekhusyukkan dan kekhidmatan serta penuh toleransi," jelasnya.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan bahwa perayaan misa malam Natal berjalan kondusif dan aman. Saat ini ribuan petugas yang dikerahkannya tengah melakukan pengamanan di beberapa gereja serta di beberapa pos pengamanan yang telah dibuatnya di beberapa titik di Jawa Barat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com